BULAN TEKNOLOGI BPPTK LIPI, Pameran Iptek dan Makanan Tradisional

Sugiyanto@ Rabu, 09 Agustus 2017 19:42:50 Gunungkidul
Pengolahan kakao di BPPTK LIPI

WONOSARI (MERAPI) - UPT Balai Pengembangan Proses dan Teknologi Kimia (BPPTK) Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) menyelenggarakan Bulan Teknologi 2017. Kegiatannya sudah diselenggarakan sejak Mei lalu hingga September mendatang. Puncak acara akan dilaksanakan di Taman Pintar Yogyakarta pada Jumat (8/9) hingga Minggu (10/9).
“Sejumlah agenda yang sudah dilakukan, yakni kunjungan ilmiah di LIPI, lomba desain batik dan poster,” kata Kepala BPPTK LIPI di Gading, Playen, Hardi Julendra MSc didampingI stafnya Widodo, Senin (7/8).
Untuk kegiatan di Taman Pintar di antaranya pameran makanan tradisional, <I>science show<P>, forum UKM nasional, pameran iptek dan poster ilmiah, lomba menggambar, mewarnai dan donor darah. Diungkapkan, kunjungan ilmiah ini banyak siswa baik dari SD hingga SMA dan UKM yang melihat teknologi di LIPI.  Harapannya nanti menjadi edu wisata. Sehingga masyarakat bisa mengetahui teknologi dan memberikan manfaat. Selain itu bisa diimplementasikan di masyarakat.
“Tahun ini pusat unggulan iptek di LIPI berupa pengemasan makanan tradisional. Selain dari Jawa, makanan tradisional baik dari Aceh hingga kota besar sudah memanfaatkan teknologi pengemasan LIPI,” imbuhnya.
Sementara itu, dalam rangkaian kunjungan ilmiah, LIPI mendapatkan kunjungan kerja dari anggota DPR RI Titik Soeharto. Titik dalam kunkernya melihat secara langsung bagaimana penerapan teknologi di LIPI. Salah satunya berupa pengolahan kakao menjadi cokelat dan minuman yang siap dikonsumsi. “ Saya kira cukup bagus teknologi LIPI diterapkan ke masyarakat. Sehingga kegiatan perekonomian akan semakin meningkat,” jelas Titik.(Ded)

Related Post