PEMASANGAN GAPURA BATAS KOTA SETELAH PITULASAN

Jumat, 11 Agustus 2017 19:11:35 Yogyakarta
UMBULHARJO (MERAPI) - Gapura batas kota di Jalan Laksda Adi Sutjitpto belum dipasang kembali. Pemasangan yang direncanakan Pemkot Yogyakarta pada Kamis (10/8) malam diundur karena mematangkan pertimbangan teknis lingkungan sekitar. 
 
“Sebenarnya gapura yang diperbaiki sudah selesai. Tinggal memasang. Tapi diundur. Untuk memasang kembali perlu memperhatikan kondisi di lapangan agar tidak merugikan masyarakat,” kata Kepala Dinas Pekerjaan Umum Perumahan dan Kawasan Perumahan Kota Yogyakarta Agus Tri Haryono, Jumat (11/8).
 
Pihaknya masih mematangkan koordinasi dengan kepolisian lalu lintas dan Dinas Perhubungan Sleman karena berada di wilayah perbatasan. Di samping itu juga mempertimbangkan kegiatan-kegiatan terkait perayaan HUT Kemerdekaan RI. Oleh sebab itu gapura batas kota yang telah diperbaiki akan dipasang setelah perayaan HUT RI.
 
“Rencana kami dipasang pada 24 Agustus. Kami masih menunggu hasil koordinasi lintas instansi,” ujarnya.
 
Menurutnya durasi waktu untuk pemasangan gapura lebih cepat dibandingkan penurunan. Ditargetkan penutupan arus lalu lintas untuk pemasangan gapura sampai subuh agar tidak menganggu aktivitas pengguna jalan yang padat di siang hari. Apalagi konstruksi menara dan partisi kini sudah dibuat terpisah dan dihubungkan dengan baut.
 
Secara terpisah Pejabat Pembuat Komitmen (PPK), pekerjaan perbaikan gapura batas kota Bambang Setiawan mengatakan dalam pemasangan gapura juga harus memutus arus listrik daerah sekitar karena ada di atas gapura ada kabel listrik utama PLN. Sedangkan hasil koordinasi dengan pihak PLN, tidak boleh ada pemadaman listrik dua kali dalam seminggu.
 
“PLN tidak menghendaki dalam seminggu ada pemadaman listrik dua kali. Jika dipasang pekan ini maka dua kalai pemadamannya. Jadi diatur ulang. Untuk konstruksi gapura yang baru saat ini masih di workshop rekanan yang mengerjakan,” ucap Bambang. (Tri)
 
 

 

Related Post