TEATER BANYU WAKILI BANTUL MAJU TINGKAT DIY

Selasa, 29 Agustus 2017 20:47:46 Hiburan
MERAPI-RIZA MARZUQI
Teater Banyu saat tampil dalam Festival Teater Bantul. 
 

SEWON (MERAPI)- Festival Teater Bantul (FTB) yang digelar Dinas Kebudayaan Bantul bersama Paguyuban Teater Bantul (PTB) akhirnya menetapkan jawara tahun 2017. Kelompok Teater Banyu  berhasil menjadi juara FTB yang diadakan di Fakultas Seni Pertunjukan ISI Yogyakarta, Sewon. Otomatis teater yang mewakili Kecamatan Pleret ini  akan menjadi wakil Bantul di tingkat DIY bulan Oktober mendatang.
Ketua Paguyuban Teater Bantul (PTB), Surya Nugraha Putra mengatakan dewan juri dalam festival itu cukup alot dalam menentukan pemenang. Teater Banyu sendiri menyabet beberapa kategori, yakni penata musik terbaik, penyaji terbaik, penata artistik terbaik, dan sutradara terbaik. Pria yang akrab dipanggil Unang ini menyatakan pihaknya akan melakukan pendampingan intensif bagi Teater Banyu untuk persiapan berlaga di tingkat provinsi. Namun begitu seluruh aspek dalam pertunjukan digarap secara mandiri oleh Teater Banyu. "Kami akan berupaya mendampingi meskipun mereka (Teater Banyu) kami yakin mampu mandiri menyiapkan semuanya," ujarnya, Senin (28/8).
Kepala Bidang Adat, Seni, dan Tradisi Dinas Kebudayaan Bantul Dhodik Kuswardono mengatakan perkembangan dan regenerasi teater di Bantul berjalan dinamis. Dengan banyaknya pemain dan seniman muda yang ikut serta, akan mempercepat proses regenerasi yang selama ini menjadi masalah klasik yang dihadapi komunitas teater.  
Anggota Teater Banyu, Heri Mayong mengaku optimis mampu tampil baik dalam festival teater DIY mendatang. "Masih ada waktu sekitar 1 bulan, kami akan coba gembleng lagi," tegas Heri. <B>(C1)<P>
 
 

 

Related Post