SEMPAT VAKUM, LOMBA PKS KEMBALI DIGELAR

Selasa, 05 September 2017 19:16:49 Kulon Progo
MERAPI-AMIN KUNTARI
Pleton peserta lomba PKS unjuk kebolehan di hadapan dewan juri.

WATES (MERAPI) - Polres Kulonprogo menggelar lomba Patroli Keamanan Sekolah (PKS) tingkat SMP se-Kulonprogo di halaman Mapolres, Selasa (5/9). Lomba ini diharapkan dapat menjadi ajang pembentukan karakter siswa sebagai generasi muda, agar tidak rentan dengan radikalisme intoleran.
 
Kapolres Kulonprogo, AKBP Irfan Rifai mengungkapkan, lomba yang digelar merupakan upaya pembentukan karakter siswa. Lomba PKS diikuti 12 pleton yang dibina Polsek jajaran di masing-masing kecamatan. "Pembentukan karakter perlu dilakukan sejak dini mengingat saat ini terjadi perkembangan situasi radikalisme intoleran di Indonesia. Diharapkan, ke depan generasi penerus bangsa tidak rentan dengan radikalisme," tegasnya.
 
Menurut AKBP Irfan, lomba PKS diamanatkan langsung oleh Kapolda DIY. Setiap peserta yang dikirim untuk mengikuti lomba PKS ini, merupakan pilihan dari masing-masing Polsek jajaran, kemudian dibina selama satu bulan.
 
Sebagai dewan juri, dilibatkan beberapa unsur yakni Disdikpora Kulonprogo, Ditlantas Polda DIY, Kodim 0731/ Kulonprogo serta PPI (Purna Paskibra Indonesia) Kulonprogo. Adapun kriteria yang menjadi fokus penilaian dalam lomba PKS ini di antaranya yel-yel, jumlah personil, ketepatan waktu, kreatifitas koreografi, langkah terbatas, pengetahuan rambu-rambu lalu-lintas, 12 gerakan pengaturan lalu-lintas, senam lalu-lintas, sikap tampang, dasar baris-berbaris serta keserasian.
 
"PKS sempat vakum selama satu tahun, namun dengan penyelenggaraan kali ini diharapkan bisa kembali aktif mengingat adanya dukungan dari Gubernur DIY," jelasnya.
 
Kasat Lantas Polres Kulonprogo, AKP Maryanto menambahkan, pada perlombaan kali ini akan diambil tiga pleton terbaik. Pleton yang menjadi juara pertama akan dikirim untuk mengikuti lomba PKS tingkat Polda DIY pada 14 September mendatang, mewakili Kulonprogo. <B>(Unt)<P>
 
 

Related Post