BENSIN SAMBAR API BAKAR 6 RUMAH

Kamis, 14 September 2017 11:50:14 Yogyakarta
MERAPI-NOOR RIZKA
Polisi melakukan olah TKP di lokasi terbakarnya 6 rumah di Jalan Ngadisuryan.

KRATON (MERAPI) - Enam rumah petak di Jalan Ngadisuryan Nomor 25 Patehan, Kraton, Yogya, ludes dilalap api, Rabu (13/9) pagi. Kejadian itu tak sampai menimbulkan korban jiwa, hanya saja dua orang terluka. Penyebab kebakaran diduga dari tumpahan bensin yang menyambar api pada alat tambal ban milik salah satu penghuni rumah.

Saksi mata kejadian, Sambu (38) warga Kasihan, Bantul yang pagi itu sedang antre tambal ban mengatakan, pada saat kejadian salah satu pemilik rumah, Parni Mubarok (51) sedang menambal ban motor. Lalu, ada seorang pembeli bensin datang. Lantaran bensin di depan kios tambal ban habis, Parni Mubarok mengambilkan stok bensin di dalam rumah.

Bensin langsung dituang di tangki motor. Namun, tanpa disadari, ada bensin yang tumpah. Tumpahan bensin tersebut kemudian disambar api dari alat tambal ban. Kemudian, api dengan cepat menyambar rumah.

"Cepat sekali prosesnya. Rumah langsung terbakar. Api bahkan merembet ke bangunan lain," kata saksi.

Mendapati hal itu, saksi langsung berteriak minta tolong, sambil memindahkan motor-motor yang ada di depan rumahnya. Kemudian, saksi bersama warga lain berusaha memadamkan api dengan peralatan seadanya. Namun api semakin membesar dan melahap 6 rumah di sekelilingnya.

Petugas Pemadam Kebakaran Pemkot Yogya, HR Tata mengatakan, akibat kebakaran tersebut, 6 KK terdampak langsung. Mereka menghuni 6 rumah petak di lingkungan tersebut. Seluruh bangunan rumah yang mayoritas berbahan kayu itu ludes dilalap api.

"Ada 10 mobil pemadam yang diluncurkan. Enam dari Kota Yogya, 1 dari Bantul dan 3 dari Sleman," ujarnya.
Dalam kejadian itu, dua orang terluka. Yakni Parni Mubarok mengalami luka bakar 20 persen dan Eko Sadewo Hadi (56) mengalami luka pada tangan kiri. Keduanya langsung dilarikan ke rumah sakit untuk mendapat pertolongan medis lanjutan.
Pasca kejadian, polisi langsung melakukan olah TKP. Kerugian akibat kejadian itu ditaksir ratusan juta rupiah. <B> (Riz) <P>
 

Related Post