TAK MEMILIKI IZIN, Enam Pemilik Baliho Dihukum Denda

BABESATRIA Kamis, 19 Oktober 2017 19:45:43 Hukum



BANTUL (MERAPI) - Enam terdakwa pemilik baliho dan media informasi yakni Iskandar, Ayub Setiawan, Sudaryanto, Andreas Agung Nugraha, Veri Gudtomoaji dan Diyarto Nygroho ST masing-masing diganjar hukuman denda Rp 400 ribu subsider 14 hari kurungan dalam sidang tindak pidana ringan (tipiring) di PN Bantul, Kamis (19/10).


Hakim Dewi Kurniasari SH menyatakan para terdakwa melanggar Perda No 20 Tahun 2015 tentang Penyelenggaraan Reklame dan Media Informasi. "Menyatakan para terdakwa terbukti bersalah tak memiliki izin memasang baliho dan media informasi. Menghukum para terdakwa membayar denda Rp 400 ribu. Apabila tak membayar denda maka dapat diganti dengan pidana kurungan selama 14 hari," ujar Dewi Kurniasari SH di sela-sela pembacaan putusan.
 

Dalam persidangan terungkap,  para terdakwa merupakan pemilik baliho dan media informasi di jalan wilayah Bantul. Pada pertengahan Oktober 2017 petugas Satpol PP Bantul melakukan operasi yustisi terkait media informasi yang bertebaran di Bantul.
 

Dari operasi tersebut petugas menemukan 6 baliho dan media informasi milik para terdakwa. Dari pemeriksaan diketahui baliho dan media informasi tersebut tak memiliki perizinan.
 

Untuk itu petugas Satpol PP Bantul melakukan pendataan dan memanggil para pelaku untuk diperiksa. Karena tak bisa menunjukkan izin para terdakwa diajukan ke persidangan PN Bantul. (C-5)

MERAPI-YUSRON MUSTAQIM
Para terdakwa saat mengikuti sidang tipiring di PN Bantul.

Related Post