PERSIBA PETIK POIN PERDANA, Puas Bisa Tahan Imbang Persis

Sugiyanto@ Senin, 08 Mei 2017 23:07:49 Olah Raga
Pemain Persiba, Bustomi terjatuh saat berebut bola dengan pemain Persis.

BANTUL (MERAPI)-  Setelah gagal mengemas poin di dua laga sebelumnya, Persiba Bantul akhirnya meraih poin pada laga ketiga dalam lanjutan Grup 4 Liga 2 Indonesia 2017 ketika menahan imbang Persis Solo di Stadion Sultan Agung, Bantul, Minggu (7/5). Hasil imbang tersebut memang belum bisa mengatrol posisi Laskar Sultan Agung dari posisi juru kunci dengan satu poin. Namun poin tersebut terasa sangat berarti karena merupakan poin perdana di kompetisi.
Bertindak selaku tuan rumah, Persiba justru tampil kurang greget. Justru tim tamu yang terlihat mampu mendominasi jalannya permainan. Dengan keunggulan materi pemain, Persis lebih banyak menekan pertahanan Persiba yang kali ini menggunakan tiga bek yakni Slamet Widodo, Panji Susanto dan Reja Putra Jaya.
Laga berjalan 15 menit, gawang Persiba yang dikawal Puthut Jati Purnomo bobol lewat tendangan keras Dedi Cahyono Putra memanfaatkan umpan terobosan dari lini tengah. Tertinggal satu gol, Periba mulai meningkatkan agresivitas serangan. Meski demikian, Johan Manaji dan kawan-kawan kesulitan dalam menembus pertahanan Persis.
Lebih banyak mendapat tekanan, pertahanan Persiba benar-benar diuji. Penampilan cemerlang Puthut member andil dalam mengamankan gawang Persiba. Ketika pertandingan memasuki menit 42, Persiba akhirnya mampu menyamakan kedudukan.
Berawal dari serangan balik, Bustomi menjadi pencetak gol pertama Persiba pada kompetisi musim ini. Memanfaatkan umpan terobosan dari Johan, Bustomi yang lepas dari kawalan bek Persis, mampu mengecoh kiper Agung Prasetya. Bola sebenarnya sempat dihalau oleh salah satu bek Persis namun tetap masuk ke gawang. Kedudukan imbang 1-1 bertahan hingga turun minum.
Usai jeda turun minum, Persis kembali mengambil kendali permainan. Berulangkali serangan yang dibangun Tri Handoko dan kawan-kawan membuat lini pertahanan Persiba harus kerja esktra. Dengan banyaknya tekanan yang diterima Persiba, praktis hanya mengandalkan serangan balik melalui Bustomi maupun Andi Sandria.
Bahkan di 10 menit terakhir babak kedua, Pelatih Persiba, Purwanto Suwondo lebih memilih memasukkan Sarjono menggantikan Ahmad Junaidi sebagai pemain di lini depan. Di penghujung laga, kesempatan sempat didapat Persiba lewat eksekusi tendangan bebas tapi tak mampu dimaksimalkan sehingga skor imbang 1-1 menutup pertandingan.
Seusai laga, Purwanto mengaku puas dengan hasil yang didapat meski tidak meraih kemenangan. “Secara hasil kami puas karena bisa menahan imbang Persis. Namun kalau soal permainan, kami masih jauh dari harapan. Kami memang kalah segalanya dari Persis yang dihuni banyak pemain-pemain berpengalaman. Mereka bisa menguasai permainan dan kami lebih banyak bertahan,” akunya.
Hanya memetik hasil imbang, Purwanto belum melempar handuk dengan persaingan untuk bertahan di kompetisi kasta kedua Indonesia. “Semua masih bisa terjadi di sepakbola. Tidak ada yang tidak mungkin. Pertandingan masih banyak dan persaingan memang lebih ketat dibanding musim sebelumnya. Dengan materi pemain muda dan baru memegang tim belum lama, di sini saya membutuhkan proses untuk membentuk Persiba menjadi tim yang bagus,” tuturnya.
Sementara itu, Pelatih Persis, Widyantoro malah tidak menyebut soal teknis permainan tim. Mantan pelatih PSS Sleman ini lebih banyak berkomentar soal kepemimpinan wasit Tabrani asal Surabaya. “Beberapa keputusan wasit merugikan kami. Kami akan protes ke operator kompetisi dengan kepempimpinan wasit seperti ini. Seolah ada hal yang tidak baik dalam sepakbola kita,” sindirnya.
Tak hanya sekali ini, pelatih yang akrab disapa Wiwid ini pun sempat melakukan protes kala timnya dijamu Sragen United pada laga sebelumnya. “Di laga sebelumnya kami juga memprotes wasit. Sepertinya ada yang tidak suka dengan Persis sehingga membuat keputusan-keputusan wasit merugikan kami. Bukan bermaksud ingin ditolong wasit, tapi kami menginginkan keputusan yang <I>fair play<P>,” ungkapnya. (Oro/C-1)




 

Related Post