Ini Dia Penyakit yang Ditandai dengan Kesemutan

hari Sabtu, 05 November 2016 17:09:00 Berita Utama
Kesemutan

KESEMUTAN biasanya menjadi satu tanda awal Anda mengalami suatu penyakit. Misalnya saja pasien diabetes yang sering mengalami gejala itu, karena terdapat kelainan saraf.

Bukan hanya itu, ada enam penyakit tak biasa yang ditandai dengan gejala kesemutan sebagaimana halnya dikutip WebMD, Rabu (30/9/2015).

Diabetes

Dalam banyak kasus, gejala kesemutan adalah tanda-tanda pertama dari diabetes, terhitung sekitar 30 persen dari kasus. Gejala itu sering kali muncul di lengan tangan dan kaki. Sekitar dua pertiga dari orang-orang dengan diabetes mengalami kesemutan ringan sampai bentuk parah dari kerusakan saraf.

Penyakit sistemik

Kesemutan juga dialami oleh penderita penyakit sistemik termasuk gangguan ginjal, penyakit hati, kerusakan vaskular, penyakit darah, amiloidosis, hingga gangguan jaringan ikat dan peradangan kronis. Begitu juga dengan pasien ketidakseimbangan hormon, termasuk hypothyroidism dan kanker dan tumor jinak yang menimpa pada saraf, sehingga jadi sering kesemutan.

Kekurangan vitamin

Vitamin E, B1, B6, B12, dan niasin sangat penting untuk fungsi saraf yang sehat. Misalnya jika Anda kekurangan vitamin B12 dapat menyebabkan anemia pernisiosa yang merupakan penyebab penting dari neuropati perifer. Tapi terlalu banyak vitamin B6 juga dapat menyebabkan kesemutan di tangan dan kaki.

Infeksi

Penderita infeksi termasuk penyakit lyme, herpes zoster (varicella-zoster), cytomegalovirus, epstein-barr, herpes simpleks, dan HIV/AIDS juga akan mengalami gejala kesemutan mulai pertama kali ada diagnosa.

Peradangan

Pasien peradangan termasuk rheumatoid dan arthritis juga mengakibatkan gejala kesemutan ringan hingga parah. Apabila dibiarkan bisa berujung pada peradangan yang dapat mempengaruhi organ-organ dan bagian tubuh selain sendi.

Cedera

Apabila sering berhubungan dengan trauma, saraf dapat dikompresi, hancur, atau rusak, sehingga mengakibatkan nyeri saraf. Contohnya termasuk kompresi saraf disebabkan oleh herniated disc atau tulang dislokasi. (*)

Related Post