DAPAT TIMBULKAN PENYAKIT KANKER, Beredar Makanan Mengandung Rodamin B

Sugiyanto@ Rabu, 07 Juni 2017 19:01:23 Gunungkidul
 Petugas BPOM menguji sampel makanan

WONOSARI (MERAPI) - Balai Besar Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) DIY menemukan peredaran makanan mengandung zat berbahaya di Pasar Munggi, Semanu. Dalam operasi yang digelar dengan Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Gunungkidul, Selasa (6/6), petugas mendapati 7 sampel makanan yang dijual di kios mengandung Rodamin atau zat berbahaya. “Hasilnya dari 17 sampel yang diuji secara langsung, tujuh di antaranya positif mengandung Rodamin B. Zat berbahaya tersebut bisa memicu kanker dan faktor risiko lain,” kata Bidang Sertifikasi dan Layanan Informaasi BPOM DIY Evy Andriani MSc.
Diungkapkan, pedagang yang kedapatan menjual makanan mengandung zat berbahaya langsung membuat surat pernyataan tidak akan lagi menjual makanan tersebut dan memusnahkan bagi yang memproduksi sendiri. Petugas juga memberikan pembinaan dan penyuluhan, agar makanan yang dijual ke masyarakat luas benar-benar aman. “Pedagang langsung membuat pernyataan, tidak akan menjual kembali makanan yang mengandung zat berbahan tersebut. Bagi yang memproduksi sendiri agar dimusnahkan dan dari distributor dikembalikan,” ujarnya.
Kasi Distribusi dan Perlindungan Konsumen Disperindag Gunungkidul Supriyadi menambahkan, sejumlah sampel makanan yang kedapatan positif Rodamin B tersebut di antaranya  berupa kerupuk dari luar Gunungkidul, sermier, alen-alan dan rengginan. Pengawasan akan terus dilakukan secara berkelanjutan, agar tidak lagi ditemukan makanan berbahaya beredar di Gunungkidul. “ Temuan tersebut langsung ditindaklanjuti petugas di lapangan,” imbuhnya.
Evy Andriani menuturkan, guna mencegah terjadi kerugian, masyarakat diharapkan untuk lebih teliti ketika akan membeli makanan. Termasuk melihat masa berlaku, kondisi makanan dan izin peredaran. Langkah tersebut perlu dilakukan agar tidak ada pihak yang dirugikan. “ Untuk pengawasan ini sudah dilakukan kedua kalinya di Gunungkidul,” jelasnya.(Ded)
 

Related Post