Bakul Oplosan Ditangkap Polisi

Sugiyanto@ Senin, 12 Juni 2017 20:29:27 Kulon Progo
Kompol Deddy menunjukkan miras yang dijual para tersangka.

WATES (MERAPI) - Petugas Polres Kulonprogo berhasil menangkap dua penjual minuman keras di dua lokasi berbeda pada 7 Juni lalu. Dari tangan para pelaku, diamankan sedikitnya 111 botol miras berbagai golongan, termasuk ciu atau miras oplosan.
Wakapolres Kulonprogo Kompol Deddy Surya Darma mengatakan, dua pedagang miras yang dibekuk berinisial WT dan WK. WT ditangkap di lokasinya berjualan, Sendang, Karangsari, Pengasih, sementara WK di Ngemplak, Krembangan, Nanggulan.
"Penangkapan berawal dari laporan masyarakat yang merasa resah dengan aktivitas penjualan miras tersebut," kata Kompol Deddy kepada wartawan di Mapolres Kulonprogo, Senin (12/6).
Puluhan miras yang diamankan, menurut Kompol Deddy terdiri atas berbagai macam anggur kolesom, anggur merah, bir juga ciu.
Miras golongan B sebanyak 103 botol, golongan A tujuh botol serta ciu satu botol.
"Golongan B kadar alkoholnya 19,7 persen, kemudian bir kadar alkoholnya 4,8 persen," sebutnya.
Sesuai Perda Kulonprogo Nomor 4 Tahun 2008, penjualan miras yang mengandung alkohol tidak diperbolehkan. Kedua pedagang yang ditangkap kemudian dijerat Pasal 11 Ayat 1 junto Pasal 4 ayat 1 dengan ancaman hukuman enam bulan penjara atau denda maksimal Rp 50 juta.
"Dari keterangan tersangka, miras tersebut dipasok para pengecer lokal dari Yogya. Cara penjualannya, dengan distok di toko masing-masing," ujar Deddy.(Unt)


 

Related Post