PASAR LEBARAN 2017 RESMI DIBUKA, RKB Dorong UMKM Manfaatkan Teknologi Informasi

Sugiyanto@ Senin, 12 Juni 2017 20:41:19 Sleman
Sri Purnomo memotong buntal sebagai tanda diresmikannya RKB.

SLEMAN (MERAPI)-Kemajuan teknologi informasi yang berkembang sangat pesat menuntut berbagai bidang untuk dapat memanfaatkan lebih maksimal. Begitu pula di sektor industri dan perdagangan, bernagai fasilitas layanan akan mampu mendongkrak pemasaran dan kreativitas hasil produksi.
Kondisi tersebut dimanfaatkan Pemerintah Kabupaten Sleman dalam hal ini Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) bekerja sama PT Bank Negara Indonesia (BNI) 46 dengan mendirikan Rumah Kreatif BUMN (RKB) Sleman.
RKB diresmikan Bupati Sleman Sri Purnomo dengan penandatanganan perjanjian kerja sama serta pemotongan buntal sebagai tanda diresmikannya RKB. Peresmian diselenggarakan bersamaan pembukaan Pasar Lebaran 2017 di halaman Kantor Disperindag Sleman Senin (12/6).
Pimpinan PT Bank Negara Indonesia BNI 46 (Persero) Kantor Wilayah Yogyakarta Arif Suwasono menyampaikan, RKB merupakan program sinergi antara BUMN dengan pemerintah dalam membentuk ekosistem  ekonomi digital. Langkah ini sangat bermanfaat guna meningkatkan kapasitas dan kapabilitas terutama pusat data dan informasi serta sebagai pusat edukasi, pengembangan, dan digitalisasi UMKM. “RKB mendorong UMKM memanfatkan teknologi informasi agar lebih kreatif, berkembang dan Go Modern, Go Digital, Go Online, Go Global dengan tetap mempertahankan identitas dan budaya lokal,” kata Arif.
UMKM peserta RKB juga berpotensi mendapatkan dukungan pendanaan melalui produk KUR dan support transaksional dari BNI yaitu Taplus Bisnis, serta produk layanan perbankan lain seperti EDC untuk  transaksi via kartu kredit dan letter of credit (LC) ekspor untuk pemasaran produk hingga luar negeri.
Kepala Disperindag Sleman Tri Endah Yitnani mengungkapkan, Pasar Lebaran Tahun 2017 diikuti 60 peserta terdiri dari 27 produk makanan, 20 produk fashion, 12 produk kerajinan, dan 1 produk kecantikan. Selain stand UMKM, tersedia pula sembako murah dengan komoditas : beras, minyak goreng, gula pasir, bawang putih, dan daging sapi. Pasar Lebaran Tahun 2017 dilaksanakan mulai tanggal 12 Juni s.d 17 Juni 2017  mulai pukul 09.00 WIB s.d 15.00 WIB.   (Awn)

 

 

Related Post