Kunir Putih Redam Gangguan Maag

Sugiyanto@ Selasa, 13 Juni 2017 13:39:31 Herbal
Tanaman kunir putih banyak dimanfaatkan bagian rimpangnya.

DALAM bidang ramuan alami atau herbal, nama rimpang kunir putih sudah tak asing lagi. Bahan ini diyakini mempunyai banyak khasiat obat alami. Atas izin-Nya, dengan rutin mengkonsumsi ramuan berbahan kunir putih akan mampu mencegah maupun melawan penyakit.
Cara penggunaan kunir putih ini, antara lain cukup dengan diparut lalu hasil parutan diperas dan airnya diminum. Ada lagi yang diproses menjadi wujud serbuk atau bubuk. Cara minumnya cukup diseduh dengan air yang sudah dimasak. Namun, salah satu dampak negatif dari kunir putih adalah mengurangi kemampuan sel darah putih. Yakni, jika penggunaannya sampai berlebihan alias over dosis. Adapun dosis yang banyak dianjurkan, misalnya untuk kunir putih-non gula, yakni  satu sendok teh peres diseduh dengan setengah gelas air panas ( 100 cc ). Lalu diendapkan dan yang diminum hanya airnya. Untuk pencegahan, cukup satu kali sehari, diminum sebelum tidur malam. Jika digunakan untuk pengobatan,  tiga kali sehari yaitu pada pagi, siang dan sore hari.
Manfaat penting lainnya dari kunir putih, yakni sebagai anti lemak termasuk membantu meredam darah tinggi, stroke, jantung dan asam urat. Bahkan, ikut membantu menurunkan kolesterol.  Selain itu membantu mengatasi peradangan dalam termasuk gangguan maag, ambeien, radang tenggorokan, radang hati, bronkhitis, amandel, nyeri haid, keputihan, jerawat atau bisul.
Bahkan kunir putih juga membantu meningkatkan daya tahan tubuh serta mencegah/melawan kanker.  Kandungan alami di dalam  rimpang kunir putih, antara lain karbohidrat, protein, vitamin C, kalsium, fosfor, besi, turmeron, sinoel, borneol, karvon, minyak damar, gom, dan lemak. Manfaat lainnya bagi kesehatan, yakni  anti oksidan. Pasalnya, khasiat anti oksidan didapat dari imunomodulator, zat ini mampu memperbanyak jumlah limfosit (Yan)

Related Post