BERKHASIAT OBAT ALAMI CIPTAAN YANG MAHA KUASA (6), Telur Itik Lawan Letih dan Lesu

Sugiyanto@ Selasa, 13 Juni 2017 13:41:43 Herbal
Telur itik dan ayam kampung dukung kesehatan.

SELAIN satwa kambing, itik maupun ayam kampung juga banyak dibudidayakan masyarakat. Selain dagingnya, telur dari dua satwa ciptaan Yang Maha Kuasa ini juga mampu mendukung kesehatan. Saat datang ke peracik jamu tradisional biasa tersedia kedua jenis telur tersebut.
Beberapa jenis jamu yang dipadu dengan telur, misalnya jamu pegal linu, capek-capek serta penambah stamina. Bagian kuning telur yang biasa dicampurkan pada jamu tersebut. Selain itu masih ditambah madu serta perasan jeruk nipis secukupnya. Air perasan jeruk nipis diyakini mampu menambah tingkat kesegaran jamu serta meredam aroma amis dari kuning telur.
“Kuning telur yang dicampurkan pada jamu langsung diaduk-aduk, bahkan ketika dicampur madu dan jeruk nipis menjadi setengah matang,” ungkap peracik serta penjual jamu asal Moyudan Sleman, Tejo, baru-baru ini.
Menurutnya,  untuk telur itik ia lebih memilih berasal dari itik yang digembala (<I>pangon<P>), sebab kualitas kuning telurnya banyak diyakini lebih bagus. Telur ayam kampung pun lebih bagus berasal dari ayam yang dilepas bebas di alam bukan ayam kampung yang dikandangkan dan diberik pakan buatan pabrik. Dalam sebutir telur antara lain mengandung kalori, protein, zat besi , retinol (vitamin A), karbohidrat , vitamin E, lemak omega-3, vitamin C, vitamin D, beta karoten, protein dan <I>lecithin<P>.  Kandungan protein dalam kuning telur pun diyakini lebih banyak dibanding bagian putih telur.
Selain itu protein telur mengandung semua asam amino esensial yang dibutuhkan tubuh untuk hidup sehat. Bahkan, jumlah dan komposisi asam aminonya sangat lengkap dan berimbang, sehingga hampir seluruh bagiannya dapat digunakan untuk pertumbuhan maupun penggantian sel-sel yang rusak.  Ketika dipadu dengan madu asli, kian kampiun sebagai penambah energi serta melawan letih lesu.  Namun karena sifatnya alami, sehingga membutuhkan waktu untuk bisa dirasakan hasilnya alias tak langsung bisa dirasakan, misalnya setelah bangun tidur badan menjadi lebih enteng dan enak.
“Adapun bahan jamu inti yang kami rebus antara lain ada cabe Jawa, lada hitam, jinten hitam, kayu manis, kunyit, kapulaga, jahe, kayu angin, adas pulawaras dan kedawung,” tandasnya.
Ketika dikupas satu persatu, sebut Tejo, masing-masing bahan jamu tersebut mempunyai manfaat atau khasiat tersendiri. Antara lain ada yang mampu membantu meredam demam serta memperlancar peredaran darah. Tak jarang sebagian masih perlu ditambah bahan alami lain disesuaikan keluhan konsumen. Adanya kayu manis antara lain membantu mengatasi asam urat, hipertensi (darah tinggi), maag, sakit kepala dan lainnya. Cabe Jawanya antara lain untuk membantu mengatasi tekanan darah rendah,  migren, nyeri pinggang, sakit kuning, influenza maupun demam. Selain itu dapat dimanfaatkan sebagai obat alami untuk pemakaian luar seperti untuk encok.
Penggemar jamu asal Serangan Sleman, Sudiyono pun mengakui, ketika minum jamu dipadu telur itik menjadikan badan lebih enak, enteng dan segar. Apalagi ia termasuk pekerja berat di penggilingan padi, sehingga antara dua sampai tiga minggu sekali minum jamu ditambah kunir telur itik.  Malam hari minum jamu, keesokan harinya setelah bangun tidur dapat dirasakan hasilnya. Selain itu rutin membeli jamu beras kencur, ketika ada pedagang jamu keliling. (Yan)

Related Post