Ombak Stabil, Nelayan Kembali Melaut

Sugiyanto@ Rabu, 14 Juni 2017 20:56:05 Kulon Progo
Perahu nelayan berjajar di tepi pantai selatan Kulonprogo.

TEMON (MERAPI) - Puluhan nelayan di sepanjang pantai selatan Kulonprogo kini telah bersiap untuk kembali melaut. Sebelumnya, mereka terpaksa libur melaut selama sepekan lebih lantaran kondisi ombak sedang tidak bersahabat.
Gelombang tinggi yang menerjang pantai selatan, membuat nelayan memilih menyandarkan perahunya di bibir pantai. Di sejumlah pendaratan nelayan di Pantai Congot dan Pantai Glagah Kecamatan Temon, tidak ada satupun nelayan yang berani melaut.
"Padahal, musim seperti ini harga ikan sedang bagus. Namun kami tidak berani masuk ke laut karena ombak sedang tinggi," kata Muhammad Dahrun, nelayan Pantai Glagah, Rabu (14/6).
Saat mencapai puncaknya, tinggi gelombang pantai selatan berkisar empat meter. Namun saat ini, tinggi gelombang berangsur turun sehingga nelayan mulai bersiap untuk melaut.
"Kami sudah membenahi alat untuk melaut seperti jaring," imbuhnya.
Koordinator SAR Linmas Wilayah V Kulonprogo, Samsudin membenarkan bahwa saat ini tinggi gelombang laut selatan berangsur turun. Meski demikian, pihaknya menghimbau kepada para pengunjung pantai untuk tetap berhati-hati.
"Yang paling penting, jangan mandi di laut karena sangat berbahaya," tegasnya.
Berdasar pantauan di pantai selatan Kulonprogo, ketinggian ombak sudah mulai turun yakni menjadi satu hingga dua meter. Demi keamanan, imbauan terus disampaikan petugas SAR kepada para pengunjung.
"Untul nelayan, kami tidak bisa melarang apabila mereka tetap berani masuk ke laut. Namun kami tetap sampaikan bahwa ketinggian gelombang belum sepenuhnya normal," ujarnya. (Unt)
 

Related Post