LAPAK DI BADAN JALAN BIKIN MACET , Jasa Penukaran Uang Ditertibkan Satpol PP

Sugiyanto@ Rabu, 14 Juni 2017 20:57:08 Yogyakarta

GONDOMANAN (MERAPI) - Satuan Polisi Pamong Praja Kota Yogyakarta menertibkan sejumlah jasa penukaran uang di sepanjang Jalan Senopati Yogyakarta. Pasalnya keberadaan jasa penukaran uang tersebut dilakukan di badan jalan sehingga memicu kemacetan.
Kepala Bidang Penegakan Peraturan Perundang-undangan Sat Pol PP Kota Yogyakarta Cristina Suhantini menyebut, ada sekitar 7 pelaku jasa penukaran uang yang ditertibkan. Penertiban itu dilakukan karena mereka beraktvitas dengan meja kursi di badan jalan dan sebagian berada di sisi selatan Jalan Senopati.
“Kita tertibkan. Meja dan kursinya kita ambil karena terkesan kumuh. Boleh beraktivitas tapi harus di sisi utara jalan. Sisi selatan jalan harus bersih. Tidak boleh pakai meja di badan jalan,” kata Cristina, Rabu (14/6).
Diakuinya, penertiban jasa penukaran uang di Jalan Senopati yang ramai jelang Lebaran itu baru dilakukan tahun ini. Dia menyatakan penertiban dilakukan karena kini pelaku penukaran uang itu semakin banyak dan sampai badan jalan akibatnya mengganggu arus lalu lintas kendaraan. “Tahun-tahun sebelumnya pelaku jasa penukaran uang belum ditertibkan karena jumlahnya tidak sebanyak sekarang,” ujarnya.
Menurutnya, meskipun ada penertiban, tapi tidak sampai memproses yustisi para pelaku penukaran jasa uang yang tidak tertib. “Kita lakukan pembinaan agar tidak menawarkan jasanya di sisi selatan Jalan Senopati dan pakai meja kursi sampai badan jalan,” imbuhnya seraya menjelaskan, semua aktivitas jual beli di atas mobil yang berhenti di tepi jalan tidak boleh.
Secera terpisah Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) DIY Budi Hanoto mengimbau masyarakat untuk menukaran uang pada sarana resmi yakni bank maupun mobil kas keliling. Menurutnya, tidak ada jaminan pecahan uang kecil yang diperjualbelikan tersebut asli atau tidak. “Uang itu sama harganya kok dipungut biaya. Kalau menukar di bank, tidak dipungut biaya,” imbau Budi.
Mulai tahun ini BI DIY tidak melayani penukaran uang di loket kantor BI. Penukaran uang dapat dilakukan di semua kantor perbankan dan mobil kas keliling. Ada 59 kantor bank umum dan 37 Bank Perkreditan Rakyat. BI telah menyiapkan stok uang sampai Rp 7,9 triliun. “Untuk penukaran uang pecahan kecil Rp 20 ribu ke bawah diprioritaskan uang baru,” jelasnya. (Tri)
 

Related Post