BERKHASIAT OBAT ALAMI CIPTAAN YANG MAHA KUASA (7), Wedang Uwuh Redakan Masuk Angin

Sugiyanto@ Rabu, 14 Juni 2017 21:00:05 Herbal
Wedang uwuh dengan tampilan khas bermanfaat bagi kesehatan.

TANAMAN berkhasiat obat alami yang tersebar di seantero dunia beragam jenisnya. Sebagai rasa syukur atas ciptaan Yang Maha Kuasa ini, satu di antaranya dengan memanfaatkan sebaik mungkin. Beberapa bagian dari tanaman berkhasiat, bahkan bisa saling dipadukan.
Hasil dari perpaduan bahan tersebut, misalnya menjadi wujud minuman kesehatan. Contoh minuman kesehatan dengan beberapa manfaat atau khasiat bagi tubuh, yakni wedang uwuh. Bahan-bahan alami minuman ini antara lain ada rimpang  jahe,  gula batu kualitas bagus, tangkai cengkih,  daun cengkih, pala, kayu manis, secang dan kapulaga. Secara umum, antara lain dapat membantu sebagai penghangat badan, meredakan perut kembung/mulas, masuk angin, memperlancar peredaran darah serta sebagai anti oksidan atau membantu meningkatkan daya tahan tubuh.
“Masing-masing bahan bahkan mempunyai manfaat kesehatan tersendiri, seperti jahe sampai secangnya,” papar warga kawasan Jalan Kabupaten Sleman, Sujilah SPd, belum lama.
Pemilik warung makan Omah Lawas ini mengungkapkan, wedang uwuh yang berasal dari kawasan Imogiri Bantul, akhirnya dapat menyebar sampai kemana-mana sebab memang mempunyai banyak manfaat kesehatan. Bahan-bahan alami tersebut cukup dimasukkan gelas lalu diseduh dengan air mendidih, tampilannya menjadi warna merah khas sebab ada kayu secangnya. Aroma serta rasanya juga khas dan nikmat diminum dalam keadaan hangat.
Adanya bahan wujud jahe, diyakini mampu membantu melancarkan peredaran darah. Jahe juga bersifat anti pembekuan darah, membantu menurunkan kadar kolesterol karena bisa mengurangi penyerapan kolesterol dalam darah dan hati. Termasuk juga meredam gangguan pencernaan seperti kembung, tolak angin dan memperlancar air seni. Daun palanya antara lain mengandung saponin, polifenol dan flavonoid. Khasiatnya seperti meredam nyeri, meredakan perut mulas karena masuk angin, melancarkan sirkulasi darah dan mengatasi gangguan pada lambung.
“Serutan kayu secangnya yang menjadikan warna merah pada wedang uwuh juga banyak manfaatnya seperti sebagai antioksidan dan melegakan pernapasan,” ungkapnya.
Sedangkan cengkihnya, ketika dicampurkan pada masakan juga dapat memberi aroma dan cita rasa khas. Ketika dipadukan pada wedang uwuh, antara lain mampu membantu menghangatkan badan, meredakan sakit kepala dan batuk. Adapun kapulaganya sebagai peredam demam, sakit perut, kembung, muntah, masuk angin dan radang lambung. Selain minuman wedang uwuh, wedang jahe serai pun diyakini mempunyai berbagai manfaat kesehatan. Ia menggunakan satu genggam jahe, satu ikat serai dan lima liter air. Setelah direbus sampai mendidih lalu disaring, sehingga warna minuman menjadi kecoklatan dengan rasa serta aroma khas.
Selain minuman-minuman khas dan berkhasiat tersebut, nasi uduk juga mempunyai rasa serta aroma khas. Bahan tambahannya saat dimasak oleh adiknya, yakni Susiati, antara lain ada salam, serai, sedikit jahe dan garam. Waktu disajikan ditambah dengan bawang merah goreng. Bahan-bahan tambahan yang sifatnya alami tersebut dipercaya juga mampu mendukung kesehatan. (Yan)

Related Post