Patah Tulang Musuh Sakit Gigi

Sugiyanto@ Rabu, 14 Juni 2017 21:03:06 Herbal
Tanaman patah tulang mempunyai khasiat obat alami.

TANAMAN patah tulang termasuk jenis tanaman berkhasiat obat dengan tampilan unik. Tanaman ini mempunyai ranting bentuk bulat silindris atau berbentuk mirip pensil. Warnanya hijau dan daunnya kecil-kecil tapi tidak banyak. Daun biasa muncul pada ujung ranting yang masih muda.
Selain digunakan sebagai tanaman obat, bagian rantingnya yang telah dikeringkan jika dibakar dapat mengusir nyamuk. Untuk membantu menyingkirkan kapalan maupun kutil dapat menggunakan setengah kilogram dahan dan ranting patah tulang. Setelah dicuci bersih direbus dengan empat liter air sampai tersisa menjadi dua liter. Hasilnya menjadi air berkhasiat obat.
Cara menggunakan, bagian tubuh yang  kulitnya menebal atau ada kutilnya direndam dalam air godokan tersebut sewaktu masih hangat, selama setengah  jam.  Jika untuk tulang patah, kulit diatas tulang yang patah digosok dengan getah patah tulang. Bisa juga kulit luar dahan patah tulang digiling halus. Lalu ditempelkan diatas  tulang yang patah dan dibalut.
Untuk meredam sakit gigi, yakni dengan meneteskan beberapa tetes getah patah tulang pada kapas yang bersih. Lalu dilumaskan pada gigi yang sakit dan berlubang. Dilakukan dua kali sehari dan berusaha agar jangan sampai mengenai gigi yang sehat. Lain halnya jika terserang radang gusi, kiat alami untuk mengatasinya, yaitu  berusaha banyak mengonsumsi buah-buahan yang mengandung vitamin C karena berkhasiat sebagai antioksidan dan meningkatkan kekebalan tubuh. Sumber vitamin C alami banyak terdapat pada buah-buahan segar seperti kiwi, jambu biji, jeruk, tomat, sirsak dan mangga.

Selain itu tetap berusaha rutin mengonsumsi sayuran yang banyak mengandung vitamin C seperti brokoli. Menurut penelitian, brokoli dapat mencegah terjadinya infeksi termasuk infeksi kuman penyebab radang gusi, dan mempercepat penyembuhan luka. Sebaiknya juga menghindari rokok karena dapat meningkatkan resiko terkena radang gusi. Satu lagi, banyak minum air putih. (Yan)
 

Related Post