Bayam Tingkatkan Kerja Ginjal

Sugiyanto@ Kamis, 15 Juni 2017 16:49:35 Herbal
Daun bayam hijau dukung kesehatan badan.

SAYUR jenis bayam sudah tak asing lagi di masyarakat. Masakan berbahan bayam, terutama bayam hijau cocok juga disajikan pada menu buka puasa maupun sahur. Jenis sayuran ini kaya vitamin A, C dan E. Bahkan mengandung zat besi maupun mineral.
Rutin mengkonsumsi sayur bayam jenis ini dipercaya mampu meningkatkan kerja ginjal. Cukup rutin mengkonsumsi bayam dalam bentuk jus maupun direbus. Jika terserang kurang darah, dapat  menggunakan tiga genggam daun bayam. Lalu ditumbuk sampai halus dan ditambah satu sendok makan air jeruk nipis. Setelah itu disaring ditambah  satu sendok madu murni dan sebutir kuning telur ayam kampung.
Sedangkan jenis bayam merah diyakini mampu membantu melawan disentri. Cara membuatnya, 10 batang akar bayam merah sampai bersih lalu tumbuk sampai halus. Tambahkan garam halus seujung sendok teh sambil diaduk rata lalu disaring. Air hasil penyaringan tersebut diminum sekaligus. Bahkan, makan bayam merah setiap hari dapat membantu membersihkan darah sehabis melahirkan. Sangat baik juga untuk mengatasi anemia, jika bisa dimakan setiap hari.
Selain jenis bayam sayur, ada juga bayam duri. Jenis bayam ini jarang dijadikan untuk sayuran. Namun diyakini mempunyai sejumlah khasiat bagi kesehatan. Misalnya, sebagai penggempur wasir, cukup menggunakan segenggam daun segarnya. Lalu dicuci, direbus dan dipakai menguapi maupun mencuci wasir. Selain itu sebagai musuh eksim. Caranya, seluruh tumbuhan secukupnya direbus. Ditambah sedikit garam dan airnya digunakan mencuci bagian yang sakit.
Sedangkan untuk melawan bisul. Cara membuat ramuannya, yakni daun bayam duri segar secukupnya dicuci bersih lalu digiling halus. Dicampurkan madu secukupnya dan digunakan untuk menutupi bisul dan dibalut. Sehari dapat diganti 2 kali. Semoga dalam waktu tak lama, bisul segera teratasi. (Yan)


 

Related Post