BERKHASIAT OBAT ALAMI CIPTAAN YANG MAHA KUASA (8), Leunca Bantu Redakan Demam

Sugiyanto@ Kamis, 15 Juni 2017 16:51:07 Herbal
Leunca berbentuk bulat kecil dapat dijadikan lalapan berkhasiat.

ANEKA minuman terbuat dari perpaduan bahan-bahan alami bisa mudah memasyarakat. Selain enak rasanya juga bermanfaat bagi kesehatan. Bahan-bahan alami tersebut sebagian dikenal sebagai tanaman berkhasiat dan semuanya merupakan karunia dari Yang Maha Kuasa.
Seperti telah diungkap di <I>Merapi<P> edisi kemarin, menurut Sujilah SPd, minuman jenis wedang uwuh menggunakan bahan-bahan seperti jahe, tangkai cengkih, daun cengkih, pala, kayu manis, secang, kapulaga dan gula batu. Masing-masing bahan ini mempunyai khasiat tersendiri. Tak ketinggalan minuman atau wedang jahe serai pun diyakini memiliki beberapa manfaat kesehatan. Cara membuatnya juga sederhana alias tak rumit.
“Bahan jahe dan bagian bawah batang tanaman serai digeprek dahulu lalu direbus dengan air,” ungkapnya, belum lama ini.
Serai dipercaya mampu membantu melawan batuk, sebagai penghangat badan serta memperlancar peredaran darah. Bahkan musuh perut kembung, asma dan sakit gigi. Jika untuk sakit gigi, dapat  memanfaatkan 40 gram serai segar. Lalu direbus dengan dua gelas air sampai tersisa separuhnya. Hasilnya digunakan untuk kumur-kumur, bahkan mampu sebagai musuh gusi bengkak. Jika sudah diproses menjadi minyak serai antara lain bisa membantu meredam pegal-pegal dan otot kaku.
Lain halnya dengan buah leunca yang biasa dijadikan lalapan serta sangat dikenal oleh warga Sunda. Meski wujudnya bulat kecil-kecil, namun manfaatnya besar. Saat masih muda leunca berwarna hijau dan jika sudah masak menjadi ungu kehitaman. Rasanya renyah dan agak langu. Ketika dijadikan lalapan biasanya dipadu dengan daun kemangi, irisan mentimun dan kobis.
“Kalau di tempat kami, lalapan wujud leunca juga dipadu dengan daun singkong rebus. Semua mempunyai manfaat kesehatan,” jelas kru Lesehan Tenda Biru Cabang Majenang di kawasan Jalan Godean Sleman, Slamet Muhayat.
Manfaat yang dapat diperoleh dari leunca antara lain, membantu meredakan demam, memperlancar air seni dan mengencerkan dahak (ekspektoran). Kandungan kimia alami dalam buah serta daun leunca, misalnya, senyawa glikosida alkaloid solanin, zat besi, minyak lemak, kalsium dan vitamin A maupun C. Tanaman leunca diperkirakan berasal dari Asia Barat dan Eropa lalu menyebar sampai ke Indonesia. Ciri tanaman leunca antara lain bercabang banyak dengan ketinggian sampai 175 cm. Letak daunnya berseling, berbentuk bulat telur dengan ujung dan pangkal meruncing.
Sedangkan lalapan wujud mentimun, antara lain dapat membantu melawan hipertensi. Bahkan bisa digunakan mengatasi mata bengkak. Penyebabnya seperti kebanyakan tidur, kurang tidur, menangis dan kelelahan. Caranya, tidak dimakan tapi cukup meletakkan mentimun di kedua mata, lalu pejamkan mata selama kisaran 10 menit. Lalapan jenis kol atau kobis antara lain  mengandung vitamin C dan E. Alhasil, mampu berperan sebagai anti oksidan ataupun membantu melawan radikal bebas yang dapat menghancurkan sel sehat serta membuang racun dari dalam tubuh. Kandungan asam amino glutaminnya dapat meningkatkan aliran darah ke perut dan memberikan nutrisi bagi sel dalam lambung maupun usus halus.(Yan)

 

Related Post