Hasil Pra TMMD Kodim Bantul, Akses Jalan Sudah Bisa Dilalui Mobil

Sugiyanto@ Jumat, 16 Juni 2017 13:49:06 Bantul
 Dengan Mobil Dinas Letkol Inf Agus Widianto cek lokasi TMMD

BANTUL (MERAPI)- Program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Reguler ke-99 tahun 2017 kali ini,  Kodim 0729/Bantul melaksanakan membangun akses jalan dari Dusun Kajor menuju Dusun Nawungan, Desa Selopamioro, Kecamatan Imogiri, Kabupaten Bantul. Sejak bertahun-tahun masyarakat di dua dusun tersebut sangat memimpikan mendapatkan akses jalan sebagai fasilitas transportasi.

Jarak kedua dusun ini yang cukup jauh, yaitu 2 kilometer 43 meter menjadi beban yang tak terkira bagi prajurit Kodim Bantul. Namun demikian, dengan semangat serta keikhlasan hati memberikan pengabdian nyata kepada rakyat, akses jalan ini pun berhasil dilakukan. Prajurit Kodim Bantul dibantu penduduk secara bahu-membahu membedah bukit yang sekian puluh tahun menjadi penghalang Dusun Kajor dan Dusun Nawungan.

Ketika penduduk saling berkunjung, maka warga harus menaiki bukit serta melalui jalanan setapak. Kalaupun harus mengendarai kendaraan roda 2 (motor), masyarakat harus mengambil alternatif jalan memutar, yang otomatis memerlukan waktu lebih lama.

“Sekarang akses jalan sudah kita buat. Bukit yang cukup berbatu berhasil kita bedah dengan menggunakan alat (begho). Jarak yang menghubungkan 2 dusun itu sudah ada akses jalannya. Tinggal pemerataan. Isnyaallah dalam rentang waktu 30 hari usai pembukaan, jalan ini sudah selesai sesuai target,” terang Dandim 0729/Bantul, Letkol Inf Agus Widianto.

Meski TMMD reguler ke-99 belum dibuka, namun mengingat sasaran fisik yang cukup jauh dan berat itu, maka sejak 2 pekan lalu telah dilaksanakan Pra TMMD dengan tujuan seluruh sasaran dapat terselesaikan dalam waktu sebulan ke depan.

“Sekarang akses jalan sudah ada. Warga yang panen atau berkunjung tidak lagi harus jalan kaki. Sudah bisa menggunakan kendaraan roda 2 atau roda 4. Hal terbukti ketika kami melakukan kunjungan mengecek lokasi, mobil dinas sudah bisa masuk ke lokasi sasaran,” papar Dandim sumringah.

Lebihlanjut Dandim Bantul menuturkan, bahwa program TMMD ini merupakan program atas permintaan masyarakat desa karena  mereka mengusulkan agar dibangun akses jalan dari Dusun Kajor  menuju Dusun Nawungan. (Fin)
 

Related Post