Anggur Jaga Kekebalan Tubuh

Sugiyanto@ Jumat, 16 Juni 2017 13:54:00 Herbal

BUAH anggur dalam bahasa Arab biasa disebut ’inab

atau zabib

. Beberapa kali disebut dalam Alquran, satu di antaranya di Surat An-Nahl ayat 11 dengan arti : ”Dia menumbuhkan bagi kamu dengan air hujan itu tanam-tanaman: zaitun, kurma,anggur dan segala macam buah-buahan”

.
Sejumlah literatur menyebutkan, jika sejarah anggur sebagai makanan obat ternyata telah berawal pada zaman Mesir kuno. Selain disajikan sebagai buah meja di lingkungan Kekaisaran Mesir Kuno, buah anggur telah dimanfaatkan sebagai bagian dalam pengobatan alami gangguan pencernaan. Salah satu alasan mengapa anggur memiliki khasiat tersebut, karena kandungan magnesiumnya yang melimpah. Magnesium memang vital bagi tubuh? sebagai penggiat fungsi sistem pencernaan
Selain itu secara alami, buah anggur merupakan makanan pembentuk basa. Sifat membentuk basa dengan kandungan air berlimpah dalam anggur menjadikan pembuluh darah memiliki kemampuan lebih besar dalam menggelontor timbunan toksin dan lemak dalam pembuluh darah. Kondisi seperti ini membantu mencegah terjadinya penyempitan/penyumbatan pembuluh darah. Tak kalah penting dengan rutin mengosumsi buah anggur, baik disantap langsung maupun wujud jus mampu membantu meredam lelah dan menjaga kekebalan tubuh. Hal ini sebagai dampak kemampuan anggur membersihkan hati/liver dan menggiatkan fungsi ginjal.
Anggur terdiri dari beberapa jenis, yaitu yang kulitnya tipis, rasanya manis dan segar. Anggur ini banyak ditemui di daerah yang lebih kering. Sedangkan yang satu lagi kulitnya tebal, rasanya agak asam dan kurang segar. Anggur ini banyak terdapat di Asia termasuk Indonesia dan Australia.
Berbagai penelitian dilakukan, tak disangka ternyata anggur adalah salah satu buah-buahan yang sangat baik untuk kesehatan, sebab kandungannya dapat memberikan kebaikan bagi tubuh.(Yan)
?

Related Post