Kesemek Sehatkan Paru-paru

Sugiyanto@ Jumat, 16 Juni 2017 13:56:24 Herbal
Kesemek harga terjangkau dan bermanfaat bagi kesehatan.

ANEKA makanan segar cocok disantap saat buka puasa. Satu di antaranya kesemek. Ciri khas buah kesemek, yakni bagian kulit muncul seperti serbuk putih, sehingga sering dijuluki sebagai buah genit, karena dianggap suka berbedak.
Selain itu lantaran bentuk buahnya mirip apel, buah kesemek sering pula disebut apel Jawa. Harga di pasaran cukup terjangkau alias lebih murah dibanding beberapa jenis buah-buah import.
Berdasarkan riset banyak sumber, di dalam buah kesemek tersimpan banyak zat kimia alami bermanfaat, antara lain terdapat senyawa antioksidan yang berkhasiat mencegah kanker, menjaga tekanan darah dan juga menghambat proses penuaan dini. Selain itu dengan mengkonsumsi kesemek dapat menghilangkan dahaga, menyehatkan paru-paru serta menguatkan limpa. Bahkan mengkonsumsi kesemek setiap hari diyakini bisa membantu mencegah pengerasan pembuluh darah. Terpeliharanya kelenturan pembuluh darah dan stabilnya tekanan darah sebagai faktor penting terpeliharanya kesehatan jantung.
Adapun khasiat lain kesemek untuk kesehatan, misalnya membantu meredam batuk berdahak.Cara mengolahnya cukup sederhana, yaitu kesemek yang sudh dicuci bersih segera dikukus dalam wadah tertutup. Selanjutnya dilumatkan dan hasilnya dimakan, dua kali sehari, yakni pagi dan malam hari. Jika mempunyai keluhan perut panas dan nyeri, satu buah kesemek segar dikupas kulitnya lalu dimakan daging buahnya.
Lain halnya untuk melawan serangan hipertensi atau tekanan darah tinggi, yaitu dapat memanfaatkan satu buah kesemek matang dan dijadikan  sebagai minuman jus. Jus ini dikonsumsi sekali dalam sehari. Jika untuk diare pada anak kecil butuh sepotong kesemek, sedikit nasi dan air. Giling hingga menjadi pasta, lalu dikukus sampai masak dan diberikan pada penderita. Dengan dilakukan tiga kali sehari selama tiga hari.
Adapun tanaman kesemek di Indonesia antara lain banyak ditemukan di kawasan Jawa Timur, Sumatera Utara serta Jawa Barat. (Yan)

Related Post