20 Calon Taruna Terima Beasiswa

Sugiyanto@ Minggu, 18 Juni 2017 15:03:09 Kulon Progo
Penandatanganan dan serah terima calon taruna STTKD.

WATES (MERAPI) - Sebanyak 20 calon taruna Sekolah Tinggi Teknologi Kedirgantaraan (STTKD) menerima beasiswa dari Pemkab Kulonprogo. Para penerima beasiswa ini, akan menempuh pendidikan di STTKD selama satu tahun.
Pemberian beasiswa terhadap 20 calon taruna merupakan tindak lanjut kerja sama Pemkab Kulonprogo dengan STTKD Yogyakarta tertanggal 10 Mei 2016 dan 18 Mei 2017. Setelahnya, dilakukan penjaringan calon taruna untuk mengenyam pendidikan Program D1 Ground Handling Peserta Beasiswa Non PNS dari Pemkab Kulonprogo.
"Setelah melalui serangkaian tahapan seleksi, dari 182 pendaftar hanya diterima 20 peserta calon taruna terbaik. Mereka lah yang berhak memasuki pendidikan di STTKD selama satu tahun," kata Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kulonprogo, Eko Wisnu Wardhana dalam penandatanganan berita acara serah terima calon taruna STTKD, Jumat (16/6).
Besaran beasiswa yang diberikan kepada setiap peserta yakni Rp 34 juta. Rinciannya, biaya masuk Rp 20 juta, biaya pendidikan semester I Rp 7 juta dan biaya pendidikan semester II Rp 7 juta. Total anggaran untuk beasiswa 20 calon taruna tersebut sebesar Rp 680 juta.
"Para penerima beasiswa berasal dari beberapa kecamatan di Kulonprogo," imbuhnya.
Bupati Kulonprogo Hasto Wardoyo mengatakan, kerja sama ini sudah dirintis dua tahun lalu sebagai tahap pertama untuk menyiapkan tenaga kerja di bandara baru. Kebutuhan tenaga kerja di bandara baru Kulonprogo nantinya akan sangat besar, mengingat bandara yang ada saat ini sudah membutuhkan 3.000 tenaga kerja per tahun.
"Bandara baru nanti, kapasitas penumpangnya 14 juta per tahun, dua kali lipat dari bandara yang ada saat ini. Sudah dapat dipastikan akan membutuhkan tenaga kerja yang lebih besar lagi," jelasnya.
Kepada para calon taruna penerima beasiswa, Bupati Hasto berpesan agar selalu siap menerima berbagai pendidikan dan pelatihan yang diajarkan STTKD. Mereka diminta tekun belajar, kerja keras, tidak banyak mengeluh dan berani menghadapi berbagai tantangan.
Ketua STTKD Yogyakarta, Marsda TNI (Purn) Udin Kurniadi mengatakan, saat bekerja di dunia penerbangan atau kedirgantaraan, para calon taruna harus siap menghadapi penggemblengan dengan menyiapkan mental baja, semangat, tanggap, tangguh dan tidak pantang menyerah. Mereka juga dituntut mampu berkomunikasi dengan baik, disiplin, memiliki jiwa kepemimpinan dan mahir berbahasa Inggris. (Unt)
 

Related Post