DILAYANI DI PENDOPO PARASAMYA, Warga Buru Uang Baru

Sugiyanto@ Minggu, 18 Juni 2017 16:51:06 Bantul
Layanan penukaran pecahan uang baru di Pendopo Parasamya.

BANTUL (MERAPI)- Sejumlah pegawai negeri sipil (PNS) Bantul memanfaatkan layanan penukaran uang baru di Pendopo Parasamya Bantul. Sementara tidak banyak warga yang mendatangi titik ini. Layanan pada Jumat (16/6) pagi kemarin dilakukan bagi warga yang ingin menukarkan uang pecahan baru. Seperti kebiasaan warga, setiap menjelang Lebaran pecahan uang kertas baru menjadi buruan.
Salah seorang PNS, Sukirno mengungkapkan saat itu menukarkan uang sekitar Rp 3 juta dengan pecahan dua ribu, lima ribu, dan sepuluh ribu. Pecahan itu akan dibagi kepada keponakan-keponakan saat hari raya mendatang. Camat Srandakan ini memanfaatkan layanan dari Bank Tabungan Negara BTN DIY tersebut. "Kebetulan antrenya tidak lama, daripada tukar di bank antrenya pasti panjang," sebutnya.
Sementara, ditemui di Pendopo Parasamya, DGM  BTN DIY, Siti Soelistijati mengungkapkan layanan tersebut merupakan rekomendasi Bank Indonesia. Untuk satu titik ini pihaknya menyiapkan pecahan uang kertas hingga Rp 350 juta. Kemarin adalah hari pertama yang dilakukan BTN, sedangkan hari ini (17/6) layanan penukaran uang digelar di Minomartani Sleman. "Tadi disiapkan Rp 350 juta khusus di Bantul ini," jelasnya.
Siti mengungkapkan layanan penukaran pecahan uang baru ini sudah dilakukan benerapa hari yang lalu melalui kantor-kantor cabang BTN. Namun layanan mobile baru digelar pada tanggal 16-17 Juni 2017 secara serentak. Dia juga mengimbau kepada masyarakat untuk selalu waspada dengan peredaran uang palsu. Sehingga perlu melakukan pengecekan pada saat menerima uang. "Masyarakat harus paham bagaimana membedakan uang asli dan palsu," sebutnya. (C1)

 

Related Post