LIBUR LEBARAN 2017, PNS Dilarang Tambah Cuti

Sugiyanto@ Senin, 19 Juni 2017 15:32:40 Yogyakarta

UMBULHARJO (MERAPI) - Pegawai Negeri Sipil (PNS) Pemkot Yogyakarta akan libur Lebaran mulai 23 Juni dan masuk kembali pada 3 Juli 2017. Para PNS itu dilarang menambah cuti saat masa libur Lebaran.
“Tidak boleh nambah cuti atau mengambil cuti bersambung sebelum maupun sesudah libur Lebaran dan cuti bersama. Harus ada selang hari,” kata Kepala Bagian Organisasai Pemkot Yogyakarta. Kris Sardjono Sutedjo, Minggu (18/6).
Jatah libur Hari Raya Idul Fitri hanya 25 dan 26 Juni. Sedangkan 23 Juni, 27-30 Juni PNS cuti bersama. Sedangkan 1-2 Juli adalah hari libur Sabtu dan Minggu bagi PNS. Sebelumnya pada tanggal 29 Juni, PNS dijadwalkan sudah bekerja. Namun pemerintah pusat merevisi dan menambah di hari cuti bersama hingga 30 Juni.
Meskipun libur cuti bersama pihaknya memastikan pelayanan kegawatdaruratan di Kota Yogyakarta tetap berjalan. Layanan itu yakni puskesmas, rumah sakit, Dinas Kebakaran dan Badan Penanggulangan Bencana Masyarakat (BPBD). Dia menyatakan pada dinas-dinas tersebut akan ada petugas piket yang memberikan pelayanan.
“Pengaturan petugas piket yang jaga pada pelayanan kegawatdaruratan itu kita serahkan kepada organisasi perangkat daerah masing-masing,” ujarnya.
Untuk pelayanan kelurahan dan kecamatan juga akan mengikuti jadwal cuti bersama PNS selama libur lebaran. Tapi jika ada kelurahan maupun kecamatan yang memiliki inovasi pelayanan yang dilakukan saat cuti bersama, diperbolehkan memberikan pelayanan ke masyarakat.
Pelaksana Harian Dinas Kesehatan Kota Yogyakarta Agus Sudrajat menyatakan, selama libur lebaran pelayanan puskesmas hanya akan libur pada saat hari raya yakni 25 dan 26 Juni. Pelayanan darurat tetap berjalan di puskesmas yang membuka 24 jam yakni Puskemas Tegalrejo dan Jetis serta Rumah Sakit Pratama.
“Selama cuti bersama tanggal 23-29 Juni puskesmas tetap melayani, kecuali saat Lebaran. Kami akan mengoptimalkan fasilitas pelayanan kesehatan seperti puskemas dan rumah sakit di kota,” tambah Agus.
Secara terpisah Walikota Yogyakarta Haryadi Suyuti mengimbau seluruh aparatur sipil negara agar tertib dan mengikuti peraturan libur dan cuti bersama. Meski demikian pihaknya tidak akan melakukan inspeksi mendadak pada saat hari pertama masuk kerja PNS setalah libur Lebaran dan cuti bersama.
“Saya tegas. Saya minta taati ketentuan masuk kerja. Saya yakni seluruh pegawai sudah mengetahui aturan yang berlaku, sehingga saya tidak akan melakukan sidak. Hari pertama kerja, saya juga akan masuk,” tegas Haryadi. <B>(Tri)<P>
 

Related Post