LIBUR SEKOLAH DAN LEBARAN, Sleman Targetkan Satu Juta wisatawan

Sugiyanto@ Senin, 19 Juni 2017 15:40:03 Sleman

SLEMAN (MERAPI)- Memasuki masa liburan sekolah dan Hari Raya Idul Fitri 2017, wisatawan domestik diperkirakan akan membanjiri destinasi wisata di Kabupaten Sleman. Tak tanggung-tanggung, Dinas Pariwisata Sleman menargetkan lebih dari satu juta pengunjung akan masuk ke Sleman. Hal ini didorong semakin banyaknya destinasi wisata baru yang tersebar melalui media sosial.
Merapi Tour dan Tebing Breksi yang berkolaborasi dengan Candi Ijo akan menjadi tujuan utama wisatawan. Selain kedua destinasi wisata tersebut, masih banyak destinasi wisata lain yang bisa dijadikan alternatif kunjungan selama berada di Kabupaten Sleman, seperti Festival of Lights di Gardu Pandang Kaliurang, wahana baru di Sindu Kusuma Edupark (Light Festival Spektakuler), Taman Pelangi di Monumen Jogja Kembali, dan beberapa paket liburan di desa wisata yang tersebar di Kabupaten Sleman. 
Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Sleman, Dra Hj Sudarningsih MSi menyampaikan, salah satu daerah kunjungan wisatawan favorit, selain Kabupaten Gunungkidul, wisatawan selama libur ini, akan didominasi oleh wisatawan dalam negeri dengan jumlah kunjungan berkisar 410.000 orang pada Juni dan 760.000 kunjungan di bulan Juli 2017. "Kita telah menargetkan sekitar 1,17 juta wisatawan akan membanjiri berbagai lokasi wisata di wilayah Sleman," ungkapnya di Sleman Jumat (16/6).
Dijelaskan, upaya pemasaran destinasi pariwisata terus dipacu agar Kabupaten Sleman menjadi pilihan utama wisatawan ketika berkunjung ke Daerah Istimewa Yogyakarta. Untuk lebih mengenalkan destinasi pariwisata yang ada, pihaknya telah meluncurkan kampanye pemasaran destinasi pariwisata di media sosial dengan hastag #PesonaLiburanSleman. Rangkaian kampanye ini dilakukan selama 45 hari (16 Juni – 31 Juli 2017), dengan menampilkan foto destinasi pariwisata di Kabupaten Sleman, yang meliputi wisata alam, wisata buatan, wisata candi, wisata museum, wisata belanja, wisata kuliner, dan desa wisata. Hastag ini merupakan implementasi go digital, salah satu strategi yang sedang diimplementasikan Kementerian Pariwisata dalam pengembangan pariwisata di Indonesia.
Di sisi lain, Dinas Pariwisata telah melakukan berbagai peningkatan kapasitas bagi pengelola objek dan destinasi wisata dalam menerima kunjungan wisatawan, dengan mengacu pada Sapta Pesona dan brand Sleman yang baru: Sleman, the living culture, part of Jogja. Melalui pelatihan-pelatihan yang ada, diharapkan dapat menjadikan Sleman sebagai destinasi utama bagi wisatawan yang berkunjung ke Daerah Istimewa Yogyakarta.
Peningkatan jumlah wisatawan, lanjutnya, juga dipengaruhi oleh kenyataan bahwa Sleman adalah tempat banyak universitas negeri maupun swasta yang memiliki reputasi baik di Indonesia. Promosi secara masif melalui media sosial, atraksi pendukung di destinasi wisata selama libur dan beberapa event skala regional yang diselenggarakan oleh Pemerintah DIY di Kabupaten Sleman, dan event lain yang diselenggarakan oleh swasta (PT TWC, pusat perbelanjaan, dan perhotelan) dipastikan akan mendongkrak jumlah wisatawan.(Awn)
 

Related Post