PEMKAB SLEMAN DAN PUNCAK , Kerja Sama Tingkatkan Kesejahteraan

Sugiyanto@ Senin, 19 Juni 2017 15:41:07 Sleman

SLEMAN (MERAPI) - Bupati Puncak, Provinsi Papua Willem Wandik melakukan kerja sama bersama dengan Bupati Sleman Sri Purnomo untuk meningkatkan pelayanan publik dan meningkatkan kesejahteraan rakyat terutama di bidang pendidikan di wilayahnya, Jumat (16/6). Kerja sama tersebut dilakukan dengan penandatanganan nota kesepahaman (MoU) antara dua kabupaten tersebut.
Bupati Puncak Wilem mengatakan bahwa kerja sama tersebut dilakukan karena di daerah Puncak, Papua mengalami kekurangan tenaga pendidik. Rencana ke depan Kabupaten Puncak juga akan mendirikan asrama asuhan di wilayah Sleman yang dalam pembinaannya dilakukan bersama Pemkab Sleman dan Universitas Gadjah Mada.
"Dulu di daerah kami proses pendidikan sempat terhenti karena tidak adanya tenaga pendidik, untuk itu kami melakukan kerjasama dengan Pemkab Sleman dan UGM agar pendidikan di wilayah kami dapat terus berjalan," katanya seperti dikutip <I>Antara<P>.
Bupati Sleman Sri Purnomo menyambut baik dengan adanya kerja sama ini. Kerja sama ini sendiri menurutnya bertujuan untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitas penyelenggaraan pemerintahan, pembangunan, dan sosial kemasyarakatan.
"Kerja sama dalam kesepakatan bersama ini meliputi bidang pendidikan, kesehatan, pertanian, perekonomian, dan pemberdayaan masyarakat," kata Sri Purnomo.
Terkait kerja sama dengan bidang pendidikan, Universitas Gadjah Mada sejak 2013 telah mengirimkan sebanyak 33 guru perintis di Provinsi Papua.
Sri Purnomo menambahkan bahwa kerja sama ini merupakan bentuk kolaborasi Kabupaten Sleman bersama Kabupaten Puncak. Karena masing-masing daerah mempunyai kelebihan dan kekurangan, seperti wilayah Sleman dengan banyak SDM namun lahan mulai berkurang dan sebaliknya di Kabupaten Puncak dengan SDM yang terbatas namun lahan pertanian masih luas.
"Diharapkan melalui kerja sama ini baik Sleman maupun Kabupaten Puncak dapat berkembang dan maju bersama untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat," katanya. (*)
 

Related Post