LAYANI PENUKARAN UANG, Himbara Sosialisasi Uang Emisi Baru

Sugiyanto@ Senin, 19 Juni 2017 15:59:49 Sleman
Renaldy sedang mengenalkan ciri-ciri uang asli emisi 2016

PAKEM (MERAPI)-Triyanto, pedagang pakaian di  Pasar Pakem tampak sabar menunggu antrean. Bersama puluhan pedagang dan warga, mereka berkumpul di stand yang didirikan Bank Indonesia kerja sama Perhimpunan Bank-bank Negara (Himbara) untuk menerima sosialisasi ciri-ciri keaslian uang rupiah (Cikur) serta menukarkan uang seri lama dengan uang pecahan seri baru Sabtu (17/6).
Warga Dusun Doyo, Wukirsari, Cangkringan ini sengaja datang di sisi utara pasar tersebut untuk menukarkan uang pecahan baru sekaligus informasi mengenal ciri-ciri uang asli. Menurutnya, menjelang Idul Fitri pedagang sangat membutuhkan uang pecahan sebagai pengembalian kepada pembeli yang telah ramai memadati Pasar Pakem. ”Selain untuk Lebaran, kita gunakan sebagai kembalian kepada pembeli. Biasanya mereka sangat senang dengan uang baru. Sekaligus menarik konsumen," katanya.
Assistant Vice President Bank Mandiri Rinaldy menjelaskan, dalam rangka pemenuhan kebutuhan masyarakat terhadap uang pecahan kecil selama Ramadhan dan menjelang Hari Raya Idul Fitri, Bank Indonesia kerja sama Himbara melaksanakan program layanan penukaran uang bertajuk “Rupiah Untuk Negeri” serentak di Indonesia pada 16-17 Juni 2017.
Untuk wilayah DIY, Bank Indonesia bekerja sama dengan Bank Mandiri dan Bank Tabungan Negara (BTN) dilaksanakan pada lokasi berbeda. Pada 16 Juni 2017 penukaran uang ditempatkan  di Rumah Sakit Sardjito dan Kantor Pemda Sleman oleh Bank Mandiri. Sedangkan  BTN membuka layanan di Pemda Bantul.
Pada hari kedua yakni 17 Juni 2017 Bank Mandiri sebagai penanggung jawab membuka stand penukaran di Pasar Pakem sekaligus sosialisasi Cikur kepada masyarakat dan pedagang. BTN  mendapat tugas melayani penukaran uang baru di Perumahan Minomartani, Maguwoharjo. (Awn)

Related Post