FESTIVAL NUZULUL QURAN, Bentuk Generasi Qurani

Sugiyanto@ Senin, 19 Juni 2017 16:01:26 Gunungkidul
Lomba praktik salat jenazah

WONOSARI (MERAPI ) - Wakil Gubernur DIY Sri Paduka Paku Alam X mengungkapkan, Pemerintah Daerah DIY mengapresiasi penyelenggaraan Festival Nuzulul Quran (FNQ). Momentum ini menjadi kebangkitan generasi Qurani yang melahirkan prestasi serta mendorong peningkatan kualitas kehidupan yang dapat bermanfaat, khususnya bagi Gunungkidul dan Bangsa Indonesia.
“Saya mengajak seluruh Umat Islam senantiasa dekat dengan Alquran dan menjadikan sebagai pedoman hidup. Sehingga apapun permasalahan yang kompleks dapat diatasi,” kata Biro Kesra Pemda DIY H Iswantoro SH Mkes ketika membacakan sambutan Wagub di acara FNQ di Masjid Al Ikhlas Wonosari, Minggu (18/6).
Kegiatan dihadiri Bupati diwakili Kabag Kesra Drs H Bambang Sukemi, undangan dan 1.332 santri dari 36 TPA dari 75 masjid se Gunungkidul. Diungkapkan, Alquran sebagai tuntunan hidup memberikan dorongan besar untuk berbakti kepada Allah SWT, selalu berbuat kebajikan dan menjauhi kejahatan dan kemaksiatan. Hakikat dari tuntunan yaitu agar kita selalu memperbaiki kehidupan. “ Baik secara lahiriah maupun batiniah. Harus membangun diri sendiri, keluarga dan masyarakat,” imbuhnya.
Pada FNQ terdapat 32 cabang yang dilombakan di antaranya mewarnai, hapalan, praktik salat jenazah, salat fardu, tartil, adzan, cipta puisi, MTQ, panggung anak soleh, pildacil, mading, tahfidz Juz 30 dan drama Islami. Bambang Sukemi menuturkan, pembelajaran Alquran harus terus digalakkan antargenerasi. Sehingga tercipta sebuah keberlanjutan yang berujung pada sikap, perlilaku dan perbuatan selaras dengan nilai-nilai yang terkandung dalam kitab suci.(Ded)


 

Related Post