BERSIH, BERMANFAAT DAN BERKHASIAT BAGI KESEHATAN (1), Parijoto Lawan Serangan Diare

Sugiyanto@ Senin, 19 Juni 2017 18:42:26 Herbal
Tanaman parijoto tampil khas serta berkhasiat.

TAK lama lagi Hari Raya Idul Fitri segera tiba. Beragam persiapan mudah ditemukan di masyarakat seperti bersih-bersih lingkungan rumah. Ketika mempunyai tanaman bermanfaat dan berkhasiat bagi kesehatan, sebaiknya tetap dilestarikan. Semua bisa ditata serapi mungkin, sehingga lingkungan menjadi lebih indah dan bersih serta mendukung kesehatan.
Salah satu tanaman berkhasiat obat layak dilestarikan, yakni jenis parijoto. Tanaman ini mampu tampil khas dengan daun berwarna hijau. Saat musim berbunga lebih menarik lagi dan di daerah dingin mampu tumbuh subur serta rajin berbunga. Wajar jika tanaman ini juga sering dimanfaatkan sebagai tanaman hias. Dengan rutin disiram dan dipupuk, tanaman akan tampil sehat, bersih serta enak dipandang.
“Terutama bagian daun serta buah parijoto dapat digunakan untuk membantu terapi kesehatan,” papar warga kawasan Banyuraden Sleman, Rony Ananta, baru-baru ini,
Jika digunakan untuk membantu melawan serangan diare, yakni cukup menggunakan bagian daun-daun parijoto. Cara membuat ramuannya, beberapa daun segar dicuci bersih lalu direbus dengan air sampai mendidih selama 15 menit. Hasilnya disaring dan setelah dingin diminum dua kali sehari, pagi dan sore. Adapun khasiat penting lainnya membantu menyuburkan kandungan, yakni dengan rutin mengkonsumi bagian buah parijoto.
Bahkan buah parijoto yang telah matang berwarna merah tua mempunyai  rasa yang khas antara lain ada sedikit sepet dan masam. Meski demikian terasa segar, sehingga cocok juga digunakan untuk rujakan dipadu jenis buah lain. Khasiat dari buah parijoto antara lain untuk membantu melawan sariawan. Caranya, buah tersebut dicuci bersih lalu ditumbuk sampai halus. Setelah itu dilarutkan dalam air matang dan digunakan untuk berkumur-kumur. Sisanya lagi bisa dijadikan minuman berkhasiat.
“Selain dapat ditanam di tanah langsung, parijoto juga cocok ditanam di pot jadi bisa dipindah-pindah letaknya,” ungkap Rony.
Jenis tanaman berkhasiat lain, yakni gardenia baik yang berbunga kuning maupun putih. Untuk yang berbunga putih ada juga yang menyebut kaca piring. Bunga gardenia ini mempunyai tampilan khas, kuning maupun putih bersih. Manfaatnya seperti membantu mengatasi gejala hepatitis, khususnya jenis bunga gardenia kuning. Pasalnya bunga ini  ini dipercaya membantu meredam peradangan atau pembengkakan pada hati atau liver yang sering disebut hepatitis. Dengan ramuan herbal berbahan bunga gardenia, setidaknya minum di pagi hari dan malam hari secara rutin akan membantu  mempercepat proses penyembuhan gangguan kesehatan tersebut.
Sedangkan yang kaca piring dengan nama ilmiah <I>Gardenia augusta, Merr<P>, antara lain sebagai musuh sariawan. Caranya tujuh lembar daun kacapiring dipadu, dua sendok makan madu dan satu potong gula aren. Cara membuatnya, daun kacapiring diremas-remas dan ditambah dengan  satu cangkir air dan disaring. Selanjutnya dicampur dengan madu dan gula aren tersebut dan diaduk sampai merata. Cara menggunakan, cukup rutin diminum dan diulangi setiap dua hari sekali. Jika untuk demam, yakni menggunakan tujuh lembar daun kacapiring dan satu potong gula batu. Cara membuat ramuannya,  daun kacapiring diremas-remas dengan satu gelas air lalu disaring. Hasilnya dicampur dengan gula batu dan diaduk sampai merata serta diminum, pagi serta malam hari.(Yan)
 

Related Post