RIWAYAT KI BEGONONDO BAGELEN (4), Tampan Tinggi Besar

Sugiyanto@ Senin, 19 Juni 2017 20:32:38 Kearifan
Cungkup makam Ki Begonondo di Bagelen.

SOSOK gaib Ki Begonondo sendiri, aku Mbah Karto, merupakan sosok lelaki yang tampan, tinggi besar, serta selalu memakai pakaian kejawen. Namun diakui oleh Mbah Karto, untuk bisa ditemui sosok gaib Ki Begonondo bukan perkara gampang. Perlu perjuangan berat untuk bisa mendapatkannya, terutama, pengalap berkah harus tahan terhadap ujian yang diberikan Ki Begonondo.
Ujian ini, dianggap sebagai bentuk kesungguhan atau keseriusan pengalap berkah untuk bisa mendapatkan apa yang menjadi pinuwunannyai. Ujian yang dialami pengalap berkah juga berlainan antara yang satu dengan lainnya.
Dari keterangan Mbah Karto, bentuk ujian biasanya berupa gangguan-gangguan gaib, semisal penampakan binatang-binatang raksasa yang menakutkan. Bisa juga berupa penampakan wanita yang sangat cantik.
Jika pengalap berkah tidak merasa takut, dan tetap berada di tempat, Mbah Karto meyakini, kalau Ki Begonondo akan menurunkan ilmu kesaktian yang diinginkannya itu, di akhir ritual. Ujian berlangsung tak cukup sehari, tapi bisa 3 hingga 7 hari. Dan selama menjalani ritual ini, hati dan jiwa harus dalam keadaan bersih, yang diwujudkan dalam bentuk puasa.
Dari semua godaan gaib yang ada, menurut Mbah Karto, penampakan wanita cantiklah yang dianggap paling berat. Karena selama godaan berlangsung, si wanita cantik ini akan menggoda iman si pengalap berkah dengan mengajaknya berhubungan intim. Jika ini terjadi, maka gagal tujuannya.
“Kalau rasa takut mungkin masih bisa dilawan. Tapi kalau cewek cantik, siapa yang tahan?” terang Mbah Karto, ayah 7 anak ini.
Cerita Mbah Karyo, dulu ada pengalap berkah dari Solo didapati tengah tidur terlentang di atas makam dengan kondisi telanjang bulat. Oleh juru kunci, yang kala itu masih dipegang (alm) Mbah Joyo, yang tiap pagi rutin datang ke makam, si pengalap berkah akhirnya cerita, kalau dia malam itu diajak berhubungan intim oleh wanita yang sangat cantik. (Sujono)
 

Related Post