Lawan Batuk dengan Kedondong

Sugiyanto@ Selasa, 20 Juni 2017 16:40:41 Herbal

BUAH kedondong atau dalam bahasa Jawa disebut dondong mempunyai rasa asam manis. Buah ini banyak disukai warga, baik dimakan langsung maupun dijadikan rujak atau manisan. Selain mempunyai nilai gizi, buah kedondong juga diyakini mempunyai khasiat kesehatan seperti membantu mengatasi sulit buang air besar (BAB).
Khasiat penting lain buah kedondong, misalnya dapat membantu melawan batuk. Caranya dengan menggunakan dua atau tiga buah kedondong. Lalu dicuci bersih dan diparut. Tanpa ditambah air, segera diperas air buah kedondong dan ditambahkan sedikit garam. Hasilnya diminumkan kepada penderita tiga kali sehari.
Adapun nama ilmiah pohon kedondong, yakni <I>Spondias dulcis<P>. Tinggi tanaman yang berasal dari biji dan hidup di alam bebas dapat mencapai 20 meter. Tanaman ini umumnya terdapat di daerah tropis dan lebih menyukai tanah di daratan rendah sebagai tempat tumbuhnya. Bentuk buahnya bulat lonjong dengan kulit berwarna hijau. Namun kalau sudah matang, kulitnya akan berubah kuning dan mudah dikupas. Buah kedondong yang baik adalah yang berwarna hijau kekuningan, permukaan padat, dan keras. Apabila terlalu matang, maka akan berubah warna menjadi kuning. Porsi yang dianjurkan untuk mengonsumsi buah kedondong, rata-rata satu sampai dua buah yang berukuran kecil. Jika ukurannya lebih besar maka cukup satu buah saja atau kurang lebih 50-75 gram per porsi
Khasiat penting dari bagian pohon kedondong, yakni batang dan daun kedondong mengandung saponin, flavonoida dan tanin. Kulit batang kedondong berkhasiat sebagai obat mencret dan obat sariawan. Untuk obat mencret/diare, menggunakan 15 gram kulit batang segar kedondong. Dicuci bersih lalu dipotong kecil-kecil dan direbus dengan dua gelas air selama 15 menit. Setelah dingin disaring dan hasil saringan diminum sehari, dua kali sama banyak pagi dan sore.
Sedangkan kulit kayu kedondong sebagai obat disentri dan daunnya sebagai obat batuk.Caranya, dengan menggunakan kulit kayu kedondong secukupnya (kurang lebih 5gram) yang masih segar dan segera dibersihkan. Lalu direbus dengan dua gelas air sampai mendidih. Setelah dingin disaring dan diminum sehari sekali. Semoga gangguan disentri segera teratasi. (Yan)

Related Post