Bayam Merah Usir Serangan Disentri

Sugiyanto@ Rabu, 21 Juni 2017 20:52:55 Herbal
Varietas bayam merah mempunyai khasiat obat alami.

ANEKA jenis sayur cocok dikonsumsi saat buka puasa maupun sahur. Tak ketinggalan yang memanfaatkan bayam, baik jenis bayam hijau maupun merah. Sejumlah varietas bayam yang dikenal sampai sekarang ini, terutama bayam hijau biasa, bayam merah serta bayam duri.
Khususnya bayam merah, selain digunakan sebagai sayuran pelengkap hidangan juga mempunyai banyak manfaat dan khasiat bagi kesehatan. Ciri tanaman bayam merah antara lain tinggi batang antara 0,4 sampai 1 meter dan bercabang. Batang lemah dan berair, daun bertangkai, berbentuk bulat telur, lemas, panjang 5-8 cm, ujung tumpul, pangkal runcing serta berwarna merah.
Sama halnya dengan bayam biasa, bayam ini memiliki kandungan zat gizi yang banyak di dalamnya. Kandungan zat yang bisa ditemukan seperti protein, lemak, kalium, zat besi dan karbohidrat. Selain itu mengandung purin, vitamin A, B dan C. Adapun khasiat bayam merah seperti sebagai obat alami untuk membantu mengusir serangan disentri. Bahkan dengan kandungan serat yang tinggi, bayam ini juga membantu melancarkan buang air besar. Selain itu bisa digunakan untuk membantu membersihkan darah sehabis bersalin, memperkuat akar rambut, tekanan darah rendah maupun kurang darah atau anemia. Cara pemakaiannya, seperti daun segar, dicuci lalu direbus. Air diminum dan bayam dimakan langsung. Bisa juga dijus dan untuk pemakaian luar, daun digiling sampai halus lalu ditempelkan pada luka akibat gigitan binatang berbisa.
Lain halnya dengan varietas bayam duri yang jarang dijadikan untuk sayuran. Namun diyakini mempunyai sejumlah khasiat bagi kesehatan. Misalnya, sebagai penggempur wasir, cukup menggunakan segenggam daun segarnya. Lalu dicuci, direbus dan dipakai menguapi maupun mencuci wasir. Selain itu sebagai musuh eksim. Caranya, seluruh tumbuhan secukupnya direbus. Ditambah sedikit garam dan airnya digunakan mencuci bagian yang sakit.
Sedangkan untuk melawan bisul. Cara membuat ramuannya, yakni daun bayam duri segar secukupnya dicuci bersih lalu digiling halus. Dicampurkan madu secukupnya dan digunakan untuk menutupi bisul dan dibalut. Sehari dapat diganti 2 kali. Semoga dalam waktu tak lama, bisul segera teratasi. (Yan)

Related Post