Belimbing Wuluh Musuh Hipetensi

Sugiyanto@ Rabu, 21 Juni 2017 20:53:42 Herbal

SELAIN belimbing manis, ada lagi jenis belimbing wuluh yang juga mempunyai banyak khasiat kesehatan. Belimbing wuluh terutama buahnya sering juga dimanfaatkan di bidang kuliner. Jika untuk ramuan alami, bagian tanaman yang digunakan antara lain, buahnya, daun maupun bunga.
Satu di antaranya sebagai serdadu untuk membantu melawan batuk rejan, yakni menggunakan sebanyak 10 buah belimbing wuluh. Bahan ini dicuci bersih lalu diremas-remas dengan dua sendok air garam. Selanjutnya disaring dan diminum dua kali sehari.
Untuk meredakan batuk pada anak dapat menggunakan segenggam bunga belimbing wuluh, beberapa butir adas dan gula secukupnya. Masih juga ditambah satu cangkir air. Campuran ini ditim selama beberapa jam. Setelah dingin disaring dengan kain dan dibagi untuk dua kali minum, pagi dan malam saat perut masih kosong.
Sebagai musuh hipertensi atau darah tinggi, yakni memanfaatkan tiga buah belimbing wuluh ukuran sedang. Cara membuat ramuannya, belimbing wuluh dicuci dengan air bersih lalu dipotong-potong. Selanjutnya direbus dengan tiga gelas air sampai tersisa satu gelas. Setelah dingin, airnya disaring sebelum diminum. Idealnya diminum setelah makan pagi.
Cara lainnya, tiga buah belimbing wuluh dan biji srigading 25 gram dicuci bersih. Biji srigading ditumbuk halus. Masukkan ke dalam panci berisi empat gelas air dan direbus bersama belimbing wuluh. Didinginkan lalu disaring sebelum diminum. Cukup diminum segelas sehari. Lain halnya jika digunakan sebagai obat sakit gigi berlubang. Caranya, lima buah belimbing wuluh dicuci bersih serta dimakan dengan sedikit garam. Dikunyah-kunyah di tempat gigi yang berlubang. (Yan)
 

Related Post