BERSIH, BERMANFAAT DAN BERKHASIAT BAGI KESEHATAN (4), Cokelat Cegah Pembekuan Darah

Sugiyanto@ Rabu, 21 Juni 2017 20:58:43 Herbal
Bahan baku wujud buah kakao dengan biji-bijinya dapat diolah menjadi cokelat dengan rasa dan tampilan khas.

APA saja yang kita makan maupun minum dapat mempengaruhi kesehatan badan. Hal penting yang perlu diperhatikan, misalnya kebersihan, keamanan serta kehalalan dari makanan serta minuman tersebut.
Jenis minuman wujud herbal cair berbahan temulawak, kopi dan makanan cokelat termasuk contoh yang mampu mendukung kesehatan. Seperti halnya diungkap Lucky Riyanto di <I>Merapi<P> edisi kemarin, dengan rutin minum kopi asal tak berlebihan bagus untuk kesehatan. Manfaat atau khasiatnya pun banyak, antara lain dapat mencegah resiko kanker mulut. Bahkan memiliki kemampuan anti bakteri, sehingga dapat menjaga bakteri penyebab lubang yang menggerogoti lapisan gigi.
Tak ketinggalan membantu mencegah penyakit syaraf, sebab kandungan anti oksidan dalam kopi akan mencegah kerusakan sel yang berhubungan dengan parkinson. Sedangkan kafeinnya dipercaya dapat berfungsi menghambat peradangan dalam otak. Tak ketinggalan ikut membantu mencegah terserang batu empedu serta maag.
“Saya sendiri paling suka minum jenis kopi robusta yang tanamannya banyak ditanam di dataran rendah. Minum kopinya tanpa perlu ditambah gula,” ungkapnya, belum lama ini.
Sama halnya dengan tanaman kopi, tanaman kakao atau cokelat pun mempunyai banyak manfaat bagi manusia. Bagian biji buah kakao mempunyai lapisan warna putih bersih. Setelah dijemur atau dikeringkan akan berubah menjadi warna cokelat. Biji kakao inilah yang dijadikan bahan baku pembuatan cokelat. Terlebih cokelat murni yang belum ada tambahan bahan-bahan lain dipercaya mempunyai khasiat obat alami.
“Konsumen di tempat kami ada juga yang menggunakan cokelat untuk terapi setelah stroke. Menu makannya ada yang dibuat dari cokelat dengan kandungan 80 persen, jadi menggunakan dari tempat kita yang 84 persen,” ungkap pemilik usaha cokelat nDalem di Yogya, Meika Hazim.
Selain itu beberapa sumber pun menyebutkan, cokelat dapat membantu melawan susah tidur (insomnia). Asupan wujud cokelat sendiri bahan dasarnya terbuat dari biji buah tanaman kakao. Lalu diproses dan bisa menjadi aneka wujud seperti bubuk serta makanan siap santap. Dalam biji kakao terkandung protein yang kaya akan asam amino triptofan, fenilalanin dan tyrosin. Ditambah lagi kaya dengan flavonoid. Kandungan ini juga punya khasiat lain seperti menurunkan risiko pembekuan darah serta melindungi terhadap kanker usus.
Tak kalah penting, cokelat diyakini mampu mensuplai kalsium dan magnesium bagi tubuh. Bahkan mengandung banyak unsur yang bersifat menjadi stimulan seperti theobromine dan phenethylamine. Senyawa-senyawa ini diyakini ikut membantu meningkatkan kemampuan berkonsentrasi. Adapun khasiat cokelat sebagai anti oksidan dalam coklat diperoleh dari biji kakao yang mengandung flavonoid berguna untuk menahan radikal bebas. Semakin tinggi kadar kakao yang digunakan, semakin tinggi anti oksidannya.
Tak ketinggalan, cokelat juga membantu mengurangi risiko serangan jantung. Hal ini berkaitan dengan pembekuan trombosit dalam darah yang menjadi lebih lambat pada orang yang makan cokelat dibandingkan pada mereka yang tidak. Hal ini penting karena ketika trombosit mengalami pembekuan dapat terbentuk dan blok bekuan dalam pembuluh darah ini yang kemudian dapat menyebabkan serangan jantung. (Yan)
 

Related Post