Ruang VIP RSUD Wates Makin Mewah

Sugiyanto@ Jumat, 14 Juli 2017 16:50:52 Kulon Progo
Sri Sultan HB X meninjau Ruang VIP Kalibiru RSUD Wates usai peresmian.

WATES (MERAPI) - Guna menunjang pelayanan terhadap pasien, RSUD Wates dilengkapi dengan ruang VIP baru yang makin mewah dan ditunjang peralatan canggih. Ruang VIP dengan nama Kalibiru ini diresmikan Gubernur DIY Sri Sultan HB X, Selasa (11/7).
Pembangunan ruang VIP Kalibiru menelan anggaran sekitar Rp 3 miliar yang dialokasikan dari Pemda DIY. Sebelumnya, RSUD Wates juga telah melaksanakan pembangunan tahap I pada 2015.
"Kemudian dilanjutkan pembangunan tahap II dan III pada 2017, 2018 dan 2019," kata Bupati Kulonprogo, Hasto Wardoyo.
Direncanakan, pembangunan pada 2018 dan 2019 akan diisi dengan penyelesaian pusat medis rawat inap. Selain itu, juga akan dibangun asrama dan apartemen. Terkait dana yang digunakan, Bupati Hasto menyebut 70 persen dari DIY sementara 30 persen lainnya dari Kulonprogo.
"Ruang VIP ini sudah terkoneksi dengan bangunan rumah sakit di bagian depan melalui lorong yang saat ini sedang dibangun," tegas Bupati Hasto.
Sebagaimana ruang VIP lainnya, Kalibiru juga dilengkapi berbagai fasilitas seperti AC, TV LCD, sofa, kulkas, meja makan pasien, tempat tidur elektrik, bedside cabinet serta kamar mandi dengan air panas. "Oksigennya juga bukan lagi manual, lebih canggih," ujarnya.
Diharapkan, perkembangan yang terus dilakukan RSUD Wates mampu mengantarkan menjadi rumah sakit berstandar intrnasional. Ini merupakan bagian dari antisispasi keberadaan bandara internasional di Kulonprogo.
Saat menyampaikan sambutannya, Gubernur DIY Sri Sultan HB X mengatakan, kemajuan teknologi mengharuskan rumah sakit terus berbenah baik di sisi sarana prasarana mau pun SDM yang dipekerjakan. Terlebih saat ini, setiap orang berhak menerima layanan tanpa membedakan strata sosial.
"Dalam pengelolaannya, dibutuhkan profesionlisme kerja. Sebab selama ini, cukup banyak keluhan yqng masuk terkait kualitas layanan di rumah sakit baik dari sisi peralatan maupun layanan," urai Sultan. (Unt)

Related Post