SAMBUT BANDARA PERLU STANDARISASI PRIMA, Sultan Ajak Masyarakat Kulonprogo Berbenah

Sugiyanto@ Jumat, 14 Juli 2017 16:54:46 Kulon Progo
Gubernur DIY Sri Sultan HB X bersalaman dengan masyarakat Kulonprogo.

WATES (MERAPI) - Gubernur DIY Sri Sultan HB X meminta agar seluruh masyarakat Kulonprogo segera berbenah untuk menyambut pembangunan bandara New Yogyakarta International Airport (NYIA) di Kecamatan Temon. Sebab menurut Sultan, pelayanan setelah adanya bandara pasti memiliki standarisasi tersendiri.
Hal tersebut diungkapkan <I>Ngarso Dalem<P> saat menghadiri syawalan bersama masyarakat Kulonprogo di Gedung Kesenian Wates, Selasa (11/7). Sultan menegaskan, masyarakat harus membuka diri.
"Jangan ada lagi pelaku usaha yang menawarkan produk hanya seadanya," tegas Sultan.
Sebaliknya, kata Sultan, pelaku usaha harus mulai memperhatikan standar proses pembuatan, pengemasan, hingga pelayanan kepada konsumen. Ini diperlukan mengingat keberadaaan NYIA akan membawa masuk banyak orang asing. "Mereka inilah yang menyukai pelayanan terstandardisasi," imbuhnya.
Sultan mencontohkan, sikap PKL juga juru parkir di Kota Yogya yang menerapkan harga tinggi pada masa liburan harus dihindari masyarakat Kulonprogo. Sebab tindakan ini justru akan menimbulkan penilaian buruk pihak luar terhadap Yogya, terutama lewat media sosial.
"Kehadiran NYIA harus bisa mendorong tumbuhnya kreativitas dan inovasi masyarakat agar bisa menarik wisatawan. Pada dasarnya, NYIA dibangun bukan hanya untuk mengembangkan Kulonprogo, namun juga wisata Borobudur, Jawa Tengah. Nanti turis yang datang via Kulonprogo itu akan melihat Borobudur dari Yogya atau sebaliknya, melihat Yogya dari Borobudur?" urainya.
Sebagai bandara yang berkapasitas 27 juta pengunjung, NYIA harus bisa menumbuhkan semangat berkompetisi secara positif antara DIY dengan Jawa Tengah. Kompetisi ini terkait produk wisata dan pembangunan masa depan yang lebih kreatif dan inovatif.
Menanggapi hal itu, Bupati Kulonprogo, Hasto Wardoyo menuturkan, pihaknya telah membentuk tim lokal demi percepatan pembangunan NYIA. Ia juga sependapat dengan Sultan, bahwa Kulonprogo harus benar-benar siap menghadapi tantangan ke depan.
"Pemkab akan terus melakukan inovasi dan terobosan, siap bekerja keras untuk mempercepat pembangunan bandara dan menghadapi kemajuan setelahnya," tegas Bupati Hasto. (Unt)

Related Post