MENCAPAI 54 PERSEN, Bantul Terbanyak Sedot KUR

Sugiyanto@ Kamis, 20 Juli 2017 15:11:06 Bantul

BANTUL (MERAPI)- Persentase penyaluran kredit usaha rakyat (KUR) di DIY menunjukkan pelaku usaha di Bantul paling banyak menyerap. Dari data Bank BPD DIY, jumlah penerima KUR dari Bantul mencapai 54 persen dibandingkan dengan kabupaten atau kota lain di DIY. Setelah Bantul, disusul Gunungkidul dan kabupaten lainnya. Jumlah pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) yang mencapai 30 ribu diduga menjadi alasan serapan kredit usaha di wilayah ini sangat tinggi.
Direktur Pemasaran Bank BPD DIY, Bambang Prakosa mengatakan sasaran KUR memang cukup spesifik. Menurutnya KUR yang dikucurkan oleh BPD DIY banyak diakses oleh pelaku usaha mikro dan ritail. Besaran kreditnya cukup beragam, mulai dari Rp 25 juta hingga Rp 300 juta. "Pelaku usaha mikro dan ritail ini terbanyak yang mengakses KUR dari Kabupaten Bantul yang mencapai 54 persen disusul Kabupaten Gunungkidul," ungkapnya disela Launching Kas Daerah Online Menuju Bantul Smart City di Pendopo Parasamya Pemkab Bantul, Selasa (18/7).
Bambang Prayoga mengatakan, hingga bulan Juli 2017 ini KUR yang telah disalurkan kepada UMKM di DIY sudah mencapai Rp 150 miliar, atau 50 persen dari total KUR di BPD DIY yang mencapai Rp 300 miliar. "Pada tahun 2016 dari total KUR Rp 80 miliar juga telah tersalurkan semua," imbuhnya.
BPD DIY mengoptimalkan pelayanan dengan petugas di lapangan selalu memberi pendampingan kepada debiturnya. Tujuannya agar pengelolaan uang menjadi baik dan ke depannya bisa meningkat lagi pinjaman uang atau kreditnya. Selain itu, untuk menghindari adanya nasabah yang mengalami kredit macet. "Petugas akan melakukan pendampingan dan melakukan verifikasi kemampuan debitur untuk mencicil utangnya sehingga ke depannya tidak terjadi kredit macet," terangnya. (C1)

Related Post