Dana Desa Tahap Pertama Telah Disalurkan

Sugiyanto@ Kamis, 20 Juli 2017 15:12:05 Sleman

SLEMAN (MERAPI) - Anggaran Dana Desa pada tahun 2017 untuk Kabupaten Sleman, seluruh desa telah menerima transfer dari Rekening Kas Umum Daerah (RKUD). Anggaran sebesar Rp 80.855.810.000 tidak diberikan sekaligus, namun dilakukan dalam dua tahap. Untuk tahap awal dikirim pada 4 Mei 2017 sebesar 60 persen dari total alokasi per desa yaitu Rp 48.513.487.800.
Hal ini disampaikan Alhalik, Kepala Bidang Administrasi, Keuangan, dan Aset Desa Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa di Sleman kemarin.
Tenaga Ahli Pembangunan Partisipatif ini mengatakan, total dana yang diterima tiap desa di Kabupaten Sleman beragam, mulai dari Rp 700 juta hingga Rp 1 miliar. Ia menuturkan, perbedaan nilai dari Dana Desa tersebut didasarkan pada empat variabel, yaitu jumlah penduduk desa, angka kemiskinan desa, luas wilayah dan tingkat kesulitan geografis desa.
Tenaga Ahli Pemberdayaan Masyarakat, Nurcholis Suharman, mengatakan, prioritas pemanfaatan Dana Desa untuk tahun ini masih sama dengan tahun sebelumnya, yaitu untuk pemberdayaan masyarakat desa dan pembangunan infrastruktur desa. Dijelaskan, 80 persen dari anggaran Dana Desa di kabupaten Sleman terserap untuk pembangunan infrastruktur desa.
"Ada empat prioritas pembangunan yang bisa diambil dari Dana Desa yaitu pembangunan infrastruktur, pembuatan embung desa, mendirikan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) dan pembangunan sarana olah raga," jelasnya.
Teknik penggunaan Dana Desa tersebut dilaksanakan dengan didampingi oleh para tenaga ahli sebagai bentuk komitmen dan tanggung jawab dalam mewujudkan tata kelola desa yang mampu mendorong kemandirian pemerintah desa dan masyarakat melalui pendekatan partisipatif. Pendamping Profesional Desa di Kabupaten Sleman terdiri dari 5 orang tenaga ahli, 8 pendamping desa pemberdayaan, 3 pendamping desa infrastruktur, 9 pendamping lokal desa dan 2 operator komputer. (Awn)

 

Related Post