Suara Buldozer di Bekas Lapas

Sugiyanto@ Minggu, 23 Juli 2017 13:47:00 Cerita Misteri

CERITA hantu terkait terdengarnya suara alat-alat berat berbunyi sendiri, tidak hanya dialami di dalam negeri tetapi juga di manca Negara. Kejadian seperti tidak hanya bahan rekaan, tetapi ada yang mengaku benar-benar telah mengalaminya. Beberapa kali pernah kita ketengahkan dalam rubrik. Kali ini keanehan yang sama terjadi di manca negara, tepatnya di sebuah negara bagian Amerika serikat.
Bangunan tua yang dindingnya dihiasi minaret seperti kastil itu kini dalam kondisi kosong melompong. Di era kejayaannya, Idaho Old State Penitentiary atau Lembaga Pemasyarakatan Idaho ini merupakan salah satu lembaga penting di negara bagian Amerika Serikat.
Letaknya di kota Boise dan merupakan penjara teritorial Idaho. Pernah ada 13.000 narapidana menghuni gedung itu. Sampai sekarang, Idaho Old Penitentiary dikenal sebagai bangunan yang wingit.
Itu karena di masa aktifnya pernah terjadi hal-hal yang menyedihkan, keras, kejam atau bahkan brutal. Bisa dimaklumi karena tempat seperti itu memang digunakan untuk mengurung orang-orang yang bermasalah di dalam masyarakat.
Tidak hanya para lelaki yang dikerangkeng di tempat itu, tapi juga ada perempuannya. Tentu saja mereka ditempatkan dalam bagian yang terpisah. Tak mungkin mereka disatukan karena akan mengundang berjibun masalah.
Di tempat ini sering terdengar suara buldozer, padahal tidak sedang ada pembangunan atau penggusuran. Di penjara yang berdiri sejak tahun 1870 itu juga sering terlihat cahaya yang menyilaukan mata. Cahaya itu muncul dari solitary confinement

atau sel isolasi yang ada di sana.
Dulu warga menyebut sel isolasi itu dengan julukan 'Siberia'. Di sel ini kerap terdengar suara orang merintih dan mengaduh. Seorang paranormal yang pernah mengukur aktivitas supranatural di tempat ini mengatakan 'Siberia' merupakan lokasi yang angker.
Orang yang masuk ke ruangan sempit itu akan merasakan udara dingin yang tiba-tiba menyergap. Orang tersebut tiba-tiba merasa gelisah dan merasa diawasi. Di era kejayaannya, Idaho Old State Penitentiary juga memiliki blok khusus untuk tahanan wanita.
Ada 215 wanita yang pernah ditampung. Penjara ini ditutup pada 3 Desember 1973 setelah sering terjadi pemberontakan para napi. Kerusuhan itu pernah merenggut sejumlah korban jiwa. (SHP/Pra)

Related Post