103.000 Anak Disasar, Imunisasi Campak Rubella

Sugiyanto@ Minggu, 23 Juli 2017 15:41:17 Yogyakarta

UMBULHARJO (MERAPI) - Pemerintah mulai tahun ini memberikan imunisasi Measles Rubella (MR) untuk mencegah infeksi virus rubella dan campak. Di Kota Yogyakarta sebanyak 103.000 anak usia 9 bulan sampai kurang dari 16 tahun akan menjadi sasaran imunisasi MR. Imunisasi itu dinilai penting karena dampak infeksi rubella cukup signifikan pada perkembangan bayi.
“Rubella beberapa kali kita temukan di wilayah Danurejan. Penyakit campak dan rubella ini memiliki risiko tinggi karena tidak bisa diobati, sehingga pencegahan harus dilakukan,” kata Kepala Dinas Kesehatann Kota Yogyakarta, Fita Yulia Kisworini di Balaikota, Rabu (19/7).
Penyakit campak dan rubella adalah penyakit infeksi menular melalui saluran nafas yang disebabkan oleh virus campak dan rubella. Campak dapat menyebabkan komplikasi seriu seperti radang paru, radang otak, gizi buruk dan kematian. Sedangkan rubella biasanya penyakti ringan pada anak. Tapi bila menulari ibu hamil dapat menyebabkan keguguran atau kecatatan pada bayi yang dilahirkan.
Fita menyampaikan tanda-tanda rubella pada bayi adalah lingkar kepala kecil. Akibatnya volume otak lebih kecil dari ukuran normal, sehingga tidak dapat menjalankan fungsi sewajarnya. Gejala lainnya dalah gangguan pada mata bayi yakni katarak dan gangguan pendengaran. Infeksi rubella biasanya juga ditandai bintik-bintik merah samar.
“Pada perempuan hamil yang kondisinya lemah rentan virus ini. Saat kondisi sudah hamil terkena rubella, maka tidak bisa diobati, Caranya si ibu harus diedukasi jika terjadi sesuatu harus langsung ditangani,” terangnya.
Dia menyebut berdasarkan data nasional ada 1.744 kasus yang diduga dicurigai terkena penyakit rubella. Dari jumlah itu, lanjutnya sekitar 18 persen klinis dan 4 persern dipastikan terkena rubella. Sedangkan pada kasus di Danurejan Yogya, ada beberapa ibu hamil yang terkena virus rubella, tapi hanya satu keturunannya yang diduga terinfeksi rubella. Terhadap dugaan bayi terinfeksi rubella itu sudah ditangani rumah sakit.(Tri)

Related Post