Yogya Tambah Penghargaan Terkait Anak

Sugiyanto@ Minggu, 23 Juli 2017 15:52:18 Yogyakarta

UMBULHARJO (MERAPI) - Upaya Kota Yogyakarta untuk terus memenuhi hak anak membuahkan hasil, berupa tiga penghargaan yang akan diserahkan pada puncak peringatan Hari Anak Nasional 2017. "Ada tiga penghargaan untuk Kota Yogyakarta dan masih ada satu penghargaan tunas muda pemimpin Indonesia yang akan diterima salah satu siswa SMA di Kota Yogyakarta," kata Pelaksana Tugas Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kota Yogyakarta Octo Noor Arafat, Jumat (21/7).
Ketiga penghargaan yang akan diterima Kota Yogyakarta adalah, penghargaan Kota Layak Anak, Forum Anak tingkat kabupaten/kota terbaik dan juga penghargaan terkait cakupan kepemilikan akta kelahiran untuk anak. Octo menambahkan, berbagai penghargaan tersebut diharapkan dapat terus memacu Kota Yogyakarta untuk melakukan pemenuhan terhadap seluruh hak anak.
Sedangkan di Kota Yogyakarta, peringatan Hari Anak Nasional dengan tema Perlindungan Anak Dimulai dari Keluarga akan digelar Kamis (27/7) dipusatkan di Balaikota. Dalam peringatan tersebut, tambah Octo, pemerintah akan menekankan peran penting keluarga untuk memberikan perlindungan kepada anak agar anak terbebas dari segala bentuk kekerasan sehingga mereka tumbuh menjadi anak yang cerdas dan berprestasi serta berakhlak mulia.
"Tujuannya adalah menjadikan keluarga itu sebagai keluarga yang ramah anak sehingga upaya untuk mewujudkan kampung ramah anak dan kemudian kota layak anak bisa dicapai dengan lebih optimal," katanya dilansir <I>Antara<P>.
Pada puncak peringatan Hari Anak Nasional tingkat Kota Yogyakarta, juga akan disampaikan penghargaan untuk enam Kampung Ramah Anak (KRA) terbaik berdasarkan seleksi yang sudah dilakukan selama tiga bulan mulai April hingga Juni. Selain upacara peringatan yang dimeriahkan pentas seni dari TK dan PAUD, juga akan dilakukan deklarasi sekolah ramah anak dan puskesmas ramah anak.
Pemerintah Kota Yogyakarta sudah memilih 20 sekolah ramah anak yang terdiri dari 15 SD/MI serta lima SMP/MTs dan lima puskesmas yaitu Puskesmas Mergangsan, Kotagede 1, Kotagede 2, Jetis dan Mantrijeron. "Kami juga akan menyelenggarakan seminar bertema pendidikan untuk semua yang diikuti siswa SMA/SMK serta anak penyandang disabilitas," katanya. (*)

Related Post