Bikin 2 Gol ke Gawang Juve, Neymar Buktikan Dirinya Vital untuk Barca

Minggu, 23 Juli 2017 19:44:27 Olah Raga
Pemain Barcelona, Neymar dikepung Claudio Marchisio dan Mario Lemina (kanan).

NEW JERSEY (MERAPI) - Barcelona sukses meraih kemenangan 2-1 kala menghadapi Juventus pada turnamen International Champions Cup di MetLife Stadium, East Rutherford, New Jersey, Minggu (23/7) pagi WIB. Neymar menjadi bintang kemenangan Barca dan mencetak dua gol.
Dalam pertandingan kemarin, Juve dan Barca sama-sama menurunkan tim dengan kombinasi antara pemain utama dan pelapis. Di kubu Juve, terdapat nama-nama seperti Gianluigi Buffon, Sami Khedira, Claudio Marchisio, dan Mario Mandzukic. Sementara itu di kubu Barca, Lionel Messi diturunkan sejak menit pertama. Neymar yang disebut-sebut akan gabung Paris Saint-Germain juga main sebagai starter.
Neymar yang sejak awal menebar ancaman akhirnya menjebol gawang Juve di menit ke-15. Neymar menuntaskan kerja sama satu-dua dengan Paco Alcacer dengan tendangan yang mengarah ke pojok kanan atas gawang Buffon. Neymar kembali mencatatkan namanya di papan skor di menit ke-26 lewat sebuah gol cantik. Dia melewati adangan tiga pemain belakang Juve sebelum melepaskan tembakan mendatar yang tak bisa dihentikan Buffon.
Neymar mendapat peluang untuk mencatatkan hat-trick usai mendapat bola dari Messi. Tapi kali ini Buffon melakukan penyelamatan untuk menggagalkan peluang Neymar. Buffon kembali menghindarkan Juve dari kebobolan lebih banyak usai menepis tendangan bebas Messi di menit ke-44. Memasuki babak kedua, Juve dan Barca melakukan banyak pergantian pemain. Di antara pemain yang dimasukkan Juve, Mattia De Sciglio, Wojciech Szczesny, dan Douglas Costa melakukan debutnya. Luis Suarez yang baru dimasukkan langsung mendapat peluang di menit ke-54. Tapi tendangannya ditepis oleh Szczesny. Masuknya Paulo Dybala juga membuat serangan Juve lebih hidup. Upaya Juve untuk mencetak gol akhirnya membuahkan hasil di menit ke-63. Tendangan sudut Dybala dituntaskan dengan sempurna oleh Giorgio Chiellini dengan sundulan. Barca selanjutnya akan menghadapi Manchester United pada hari Rabu (26/7). Sementara Juve akan melawan Paris Saint-Germain (PSG) di hari yang sama.

Melalui 2 gol yang dicetaknya, Neymar seperti menegaskan kalau spekulasi masa depannya saat ini tak terpengaruh oleh isu ketertarikan PSG. Neymar membuktikan kalau dia masih jadi andalan di lini depan bersama Lionel Messi dan Luis Suarez. Maka wajar saja jika Barca tak ingin kehilangan Neymar meski PSG bersedia membayar 222 juta euro (Rp 3,4 triliun) yang merupakan klausul dalam kontraknya.

"Barcelona tidak akan melakukannya tanpa Neymar. Kami ingin dia bersama kami dan kami tahu apa yang bisa dia berikan untuk permainan tim. Itu sudah jelas," kata pelatih Barca, Ernesto Valverde, seperti dikutip Soccerway.

Kemenangan atas Juventus inipun jadi kemenangan pertama Valverde bersama Barcelona. Dia senang bisa meraih hasil positif meski timnya terbilang baru berkumpul setelah menjalan libur jeda kompetisi. "Kami mencoba mengambil inisiatif menyerang, dan mendominasi permainan karena kami tahu lawan yang dihadapi. Kami juga berada dalam fase baru memulai karena ini laga pertama jadi kami harus sering bermain untuk meningkatkan rasa percaya diri. Kemenangan ini sangat positif tentunya untuk tim," tambahnya.

Pada laga IIC lainnya, Tottenham Hotspur menang 4-2 atas PSG yang mengakhiri laga dengan 10 orang di Camping Wood Stadium, Orlando, Amerika Serikat, Minggu (23/7) pagi WIB. Gol-gol Spurs dicetak melalui Christian Eriksen (menit 11), Eric Dier (18), Toby Alderweireld (81) dan penalti Hary Kane menit 89. Sedang gol PSG dari Edinson Cavani (menit 6) dan Javier Pastore (36). (Ran)

Related Post