Wisata  

10 Rekomendasi Restoran Mie Jawa Di Yogyakarta

Update (28 Ags 2019) – Penambahan list tempat makan mie jawa di Yogyakarta. Jika Anda ingin berlibur, tidak perlu khawatir lagi. Karena kamu bisa membeli tiket bus, kereta dan pesawat termurah langsung melalui aplikasi Bucalapak.

Tempat Makan Mie Jawa di Yogyakarta – Ketika memikirkan masakan Yogyakarta, Anda langsung teringat Gudek, bukan? Ternyata, makanan khas Jogja tidak selalu hangat. Karena masih banyak gulungan yang kurang populer dan enak.

Salah satu kuliner Jogja yang sayang untuk dilewatkan adalah mie Jawa. Hanya dengan melihat namanya, Anda dapat mengetahui bahwa wajah Java pada umumnya berbeda dari wajah lainnya. Memiliki cita rasa yang unik karena dibuat melalui proses yang unik dengan sendirinya.

Makanan khas Yogja ini sebenarnya bisa Anda lihat di dalam dan sekitar Jakarta, namun sebagian besar mie Jawa yang dijual di ibu kota tidak terasa seperti mie Jawa yang dijual langsung di Yogyakarta. Nah, jika Anda sedang merencanakan jalan-jalan ke Yogyakarta, mencoba mie Jawa di daerah asalnya adalah suatu keharusan. Rasa mie jawanya bikin ketagihan!

Di sini di Yogyakarta, kami merekomendasikan 7 tempat makan naengmyeon Jawa yang terkenal enak dan murah.

Tempat Makan Mie Jawa di Yogyakarta

1. Nenek Park Mi Mo

Liburan di kota pelajar tidak lengkap tanpa wisata gastronomi Yogyakarta. Salah satu makanan khas Jogja yang wajib kamu coba adalah Bakmi Mbah Mo. Terletak di Jalan Parangtritis, tempat wisata kuliner di Jogja ini memiliki tempat yang asri dan luas.

Suasana pedesaan yang sejuk membuat bersantap di Bakmi Mbah Mo semakin menyenangkan. Nah, kalau soal menu Bakmi Godog, rasa mie Jawa buatan Mbah Mo sudah tidak diragukan lagi.

Warna mie jawanya ringan, tapi rasanya enak banget. Selain itu, telurnya terbuat dari telur bebek dan telur ayam sehingga memberikan rasa yang gurih dan harum. Selain mie jawa, menu lainnya seperti mie goreng, mie nimek, widang jahe, widang jeruk keprok, kopi jahe, dan uweedang juga enak.

Soal harga, tenang saja. Rata-rata makanan di sini cukup murah. Mie Jawa dibandrol dengan harga Rp. kurang dari 20.000.

Jl. Parangtritis No. KM, Kode, Trirenggo, Kec. setengah alat, setengah alat

2. Mie Mba Jito

Selain mie Jawa yang lezat, hal lain yang membuat tempat kuliner ini begitu menarik di Jogja adalah lokasinya yang tidak biasa. Uniknya, Bakmi Mbah Gito menempati lokasi yang sebelumnya merupakan lumbung.

Dulunya adalah gudang, tapi jangan khawatir, sudah berubah menjadi toko mie Jawa yang seluruhnya terbuat dari kayu. Dari sekian banyak mie Jawa yang ada di Jogja, mie Jawa buatan Mbah Gito adalah salah satu yang paling terkenal di Jogja. Bahkan sudah sering diulas oleh para penikmat kuliner.

Yang istimewa dari mie Jawa Mbah Gito adalah kuahnya yang kental dan gurih. Sementara itu, topping ayam suwir, telur, dan bawang goreng melengkapi cita rasa mie gulung ini. Selain mie jawa, mie goreng juga enak.

Selain cap cay gorengnya juga patut kamu coba. Untuk harga, satu porsi mie spesial Rp 27.000. Suasana santai yang disediakan oleh objek wisata gourmet di Yogyakarta ini pasti akan membuat Anda betah berlama-lama.

Jl. Nyi Agen Nis No. 9, Kabupaten Rezowinan, Kotagede

3. Mie Pak Pele

Jika Anda mencari kuliner khas Jogja yang terkenal, Bakmi Pak Pele sering menjadi salah satu pilihannya. Wisata kuliner Yogyakarta ini sudah ada sejak puluhan tahun lalu, sehingga terkenal sangat enak dan melegenda.

Park Mijawa, buatan Pele, direbus dengan ayam kampung, telur, dan irisan kol. Rasa gurih mie ala Jawa sangat nikmat saat digigit.

Selain itu, ayamnya yang tebal dan empuk menambah cita rasa mie yang kenyal. Selain itu, telur bebek digunakan dalam mie Jawa untuk membuat mie beraroma dan lezat.

Untuk mie Jawa, Anda bisa memilih antara mie kuning dan mie bihun. Selain mie, Bakmi Pak Pele juga menawarkan mie goreng, mie nimek, nasi goreng, magelangan atau nasi goreng.

Harga menu mie di restoran yang ada di Yogyakarta North Plaza ini sekitar 200.000 won.

Baca Selengkapnya: 11 Tempat Belanja Batik Terbaik di Yogyakarta Yang Dilanggani Wisatawan

Sudut Tenggara Alun-Alun Utara, Desa Panembahan, Kecamatan Kraton

Baca Juga: 9 Kuliner Legendaris Yogyakarta yang Wajib Kamu Coba!

4. Park Mi Cardin

Restoran di Yogyakarta ini mungkin menerapkan proses memasak yang berbeda. Hal ini dikarenakan mie Jawa yang dimasak di Bakmi Kadin tidak dimasak sekaligus, melainkan satu per satu.

Anda mungkin harus menunggu lama untuk mie Jawa matang. Namun jangan khawatir, karena Bakmi Kadin membayar semua mie Jawa lezat yang mereka buat.

Sama seperti mie khas Jawa di Yogyakarta, mie Jawa gourmet di Yogyakarta ini berwarna cerah. Namun dari segi rasa, soto mie jawa sangat enak karena menggunakan telur bebek yang dicampur dengan mie jawa.

Bakmi Kadin yang sudah berusia lebih dari 50 tahun ini juga punya menu spesial lainnya yang bisa dicoba. Misalnya weedang baguur dengan kelapa potong dadu dan roti tawar. Mie Jawa buatan Bakmi Kadin seharga Rp. Anda dapat membelinya seharga 20.000.

Jl. Bintaran Kidul No.6, Wirogunan, Mergangsa

5. Bakmi Shibitsu

Hanya dengan mendengar namanya, Anda mungkin berpikir bahwa ini adalah restoran Jepang. Ya, nama masakan kecil ini memang sangat asing di telinga saya. Selain namanya yang khas, para pramusaji dan pembuat sambal jelas-jelas orang bodoh. Tapi jangan ragukan rasa mie Jawa. Karena kecanduan dijamin!

Rasa kuahnya yang kaya dan gurih seakan membius pemakan. Selain itu, tekstur mie Jawa yang lembut menambah kelezatan hidangan gulung khas. Soal harga, mie Jawa Shibitsu dibanderol Rp. Kurang dari 20.000, jadi relatif murah.

Jl. Bantul No.111, Gedongkiwo, Mantrijeron

Baca Juga: 5 Makanan Lezat Di Sekitar Stasiun Yogyakarta, Wajib Dicoba!

6. Mie Mba Hardy

Kuliner khas Yogyakarta sepertinya menjadi salah satu tempat untuk mencicipi mie Jawa di sini. Berdiri sejak tahun 1995, Bakmi Mbah Hadi dikenal dengan menu mie khas Jawa khususnya mie goreng yang terkenal sangat enak.

Telur bebek, seledri, sawi putih, paha ayam, dll digoreng dengan tekstur mie goreng yang tebal dan lembut di dalam oven.

Selain mie Jawa, mereka juga memiliki menu lain seperti nasi goreng. Anda juga harus mencoba Maglang dan Ginseng Ayam Utuh. Harga mie jawa sendiri adalah Rp. Relatif murah di bawah 20.000. Padahal murah?

Jl. C Simanjuntak No.1, Terban, Gondokusuman

Baca juga: Rekomendasi 7 Masakan Jogja yang Lezat dan Terjangkau. Dijamin ketagihan!

7. Mie Mbah Wito

Tempat makan mie Jawa lainnya di Yogyakarta yang wajib Anda kunjungi adalah Bakmi Mbah Wito. Selalu masuk dalam daftar makanan khas Jogja, mie Jawa Mbah Wito punya cita rasa yang khas. Kuah kaldu ayam yang gurih memikat hati mie Jawa Yogyakarta ini.

Rasa gurih didapat dari rebusan 4 ekor ayam jawa pilihan dengan 250g udang basah dan 250g gula batu. Udang memiliki rasa gurih, dan gula merah memiliki rasa manis tebu.

Saking enaknya, mie Jawa buatan Mbah Wito ini menjadi salah satu masakan favorit Jogja, mantan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. Meski ramai dikunjungi banyak orang, Anda pasti mengira harga ramen Jawa di Yogyakarta cukup murah.

Bahkan paling murah di antara mie Jawa Yogyakarta lainnya. Mie Jawa dibandrol dengan harga Rp. 7.000. Ini murah?

Jl. Lingkar Utara, Piyaman, Wonosari, Piyaman, Wonosari, Kabupaten Gunung Kidul

8. Mie Jumbo

Bakmi Jombor adalah salah satu warung mie Jawa yang legendaris di Jogja. Disebut Zombor karena lokasi kedai mie ini berada di area terminal Zombor. Di sini, Anda bisa mencicipi cita rasa Bakmi Solitude yang sangat lezat.

Selain Bakmi Godok, ada menu yang rasanya tidak kalah enaknya seperti Nagodok atau Nasigodok, yaitu topping dengan topping mie. Taburi dengan bawang goreng dan iris tipis seledri untuk menambah cita rasa. kenikmatan!

Jl. Raya Magelang KM. 6.5, Sinduadi, Mlati, Jombor Lor, Sleman

9. Mie Pak Jeno

Jika Anda mencari alternatif warung mie lainnya, Bakmi Pak Geno bisa menjadi pilihan Anda. Berdiri sejak tahun 1952, warung mi ini terletak di kompleks pasar Prawirotaman. Warungnya kecil dan lokasinya cukup tersembunyi, tapi rasanya tidak perlu diragukan lagi.

Warung mie yang satu ini begitu nikmat hingga menjadi langganan mantan Presiden Suharto. Apakah Anda penasaran? Seperti apa rasa mie Jawa Pak Geno? Silakan mampir ke toko mie ini. Dijamin, Anda tidak akan menyesal!

Jl. Parangtritis, Brontokusuman, Kec. Gunung Mergan, Kota Yogyakarta

10. Park Mi Letek, Nenek Mendes

Letek dalam bahasa Jawa berarti kotor. Ini tidak berarti bahwa hidangan ini tidak sehat. Nama letek digunakan di sini untuk menggambarkan penampilan makanan yang terlihat agak berantakan.

Penambahan cabai hijau, wortel, tahu, suwiran ayam dan telur akan membuat mie menjadi kotor atau berantakan. Tampilannya tidak bagus, tapi rasanya tidak ada bandingannya. Bumbunya tercampur dengan baik, sehingga mie Letek Mbamendes begitu enak dan asin.

Jl. P. Mangubumi No. 22, Gowonan-gun. Jettis, Kota Yogyakarta

Di antara sekian banyak tempat makan mie Jawa di atas, di mana Anda ingin mencoba mie Jawa di Yogyakarta?