Wisata  

13 Toko Belanja Yogyakartik Yang Dilanggani Wisatawan

Update – Menambahkan tabel Tempat Belanja Batik Jogja dengan alamat lengkap yang bisa Anda pilih untuk berlibur bersama keluarga.

Perjalanan ke Yogyakarta tidak lengkap tanpa membeli batik. Ya, ada banyak sentra produksi batik di Yogyakarta, salah satu sentra budaya Jawa. Dan rata-rata semua tempat ini menjual berbagai macam batik dengan motif yang berbeda-beda.

Harganya cukup bersaing dibandingkan dengan harga kain batik di kota-kota besar lainnya. Nah, bagi pecinta batik, baik tradisional maupun modern, inilah tempatnya. Kami merekomendasikan 13 tempat di mana Anda dapat membeli batik di Yogyakarta, tujuan wisata populer.

Berikut 13 rekomendasi belanja batik di Yogyakarta.

Kampung Batik Ngasem

pajangan batik

Desa Wisata Crevet

batik rumah

Kampung Batik Girilloyo

batik ceno

Lianti Batik

Batik surga

1. Pasar Beringharjo

Bagi wisatawan, Pasar Beringharjo adalah salah satu tempat terbaik untuk membeli batik di Yogyakarta. Selain itu, karena lokasinya yang sentral, pasar ini selalu ramai setiap hari.

Dari kain batik yang dijual meteran hingga model kostum batik, rok batik, gaun batik dan batik modern, berbagai macam batik dijual di Pasar Beringharjo. , sepatu batik, zaric bisa didapatkan disini.

Motif batik yang dijual juga berkualitas tinggi, sehingga ada batik Yogyakarta, Solovati, Pekalongan, dan motif batik dari daerah lain. Dipersiapkan. Anda akan dibuat bingung dengan banyaknya model batik yang ada.

Trik membeli batik di pasar Beringharjo adalah menawar dengan baik. Karena Anda membutuhkan keterampilan menawar untuk mendapatkan batik yang Anda inginkan dengan harga terbaik. Perlu diketahui bahwa harga batik di pasar Beringharjo sangat berpengaruh terhadap kualitas. Jadi perhatikan juga jenis kain batik dan kerapian jahitannya.

Jl. Margo Mulyo No.16, Ngu Fa San, Kondo Mannan

2. Toko Batik Mirota

Berikut ini juga dikenal sebagai Toko Batik Mirota atau Batik Hamzah. Terletak tepat di seberang Pasar Beringharjo, pusat batik di Yogyakarta ini ramai dikunjungi pengunjung. Jumlah pengunjung yang selalu ramai di toko batik ini membuat Toko Batik Mirota terus berekspansi dan membenahi tokonya.

Di sini Anda tidak hanya dapat menemukan kain batik atau pakaian berbahan batik, tetapi juga souvenir gantung khas lainnya seperti blancons, pajangan dan panel kayu. .

Selain itu, rok batik dan gaun batik di sini juga tak kalah menarik. Semua tersedia dalam motif dan motif batik yang cantik. Soal harga, Mirotavatic menjual semua kain batik dengan harga yang bervariasi tergantung dari kualitas dan jenis kain batik itu sendiri.

Nah, bagi yang mencari batik tulis atau grafir, Mirota Batik juga memiliki sederet koleksi. Pokoknya sangat sempurna!

Jl. Margo Mulyo No.9, Ngu Fa San, Kondo Mannan

BACA JUGA: Inilah 7 Tempat Makan Mie Jawa yang Terkenal Kelezatannya di Yogyakarta.

3. Malioboro

Biasanya wisatawan mengunjungi kawasan Malioboro untuk membeli batik. Tidak jauh berbeda dengan Pasar Beringharjo, Malioboro dipenuhi deretan toko batik di sepanjang Jalan Malioboro. Di sini Anda bisa menawar untuk mendapatkan harga kain batik terbaik.

Malioboro memiliki berbagai model batik yang semuanya dibandrol dengan harga yang terjangkau. Anda bisa mendapatkan kain batik murah yang bagus asalkan bisa menawar dengan harga termurah.

Anda juga bisa berbelanja di toko-toko batik ternama di sepanjang Jalan Malioboro, Rianti Batik dan masih banyak lagi. Toko batik yang menjual berbagai macam batik dengan motif batik yang trendi. Produk batik seperti model baju batik, gaun batik, dan rok batik menjadi incaran wisatawan yang berkunjung ke tempat ini.

Jl. Malioboro, Sosromenduran, gedung sebelah kanan

Baca Jogja: 9 hotel murah di Malioboro dengan kolam renang di bawah Rp 500.000

4. Toko Batik Winotosastro

Berdiri sejak tahun 1940, pecinta batik wajib mengunjungi Toko Batik Winotosastro. Selain bisa membeli kain batik gantung, toko batik ini juga menawarkan pelajaran membatik bagi wisatawan yang ingin belajar membatik.

Bagi yang berminat, berikut cara membuat batik sendiri dari ahlinya. Ya, Batik Winotosastro adalah toko batik dan juga pabrik yang membuat pakaian batik dan aksesoris batik, sehingga pengunjung dapat melihat langsung bagaimana kain batik dibuat dan betapa pentingnya detail kecil itu.

Meskipun banyak produk batik printing yang tersedia saat ini dengan warna yang mencolok, Batik Winotosastro tetap mempertahankan ciri khas batik tradisionalnya, dengan inovasi warna cerah yang mulai berkembang. Soal kualitas tidak perlu diragukan lagi. Jika Anda tertarik untuk mengikuti kelas membatik, jangan lupa untuk mendaftar terlebih dahulu.

Jl. Tirtodifuran No.54, Mantrigeron

5. Eudistira Batik

Nah, bagi yang mencari batik dengan harga terjangkau, Batik Yudhistira bisa menjadi salah satu pilihannya. Kami melakukan grosir batik, dan wajar jika harga kain batik di sini lebih murah dari toko batik lain di Yogyakarta.

Kemeja batik, model kemeja batik, batik modern, gaun batik, rok batik, dan berbagai produk batik dari berbagai produsen ada di sini.

Jika Anda ingin mendapatkan diskon khusus, pembelian batik dalam jumlah banyak juga OK! Selain batik Yogyakarta, Batik Yudhsitira juga menjual batik dari daerah lain seperti batik Pekalongan dan batik Cirebon.

Jl. Tamansis dan 150A diselamatkan di atas Gunung Mergang

6. Kampung Batik Ngasem

Jika Anda berjiwa petualang, pergilah berbelanja batik di Kampung Batik Ngasem. Untuk sampai ke sana, Anda harus mengikuti tiga jalan: Jalan Kauman, Jalan Rotowijayan dan Jalan Ngasem.

Saat Anda berjalan melewati tiga jalan ini, Anda akan menemukan banyak toko dan butik yang menjual kain batik dan produk batik lainnya. Pesona belanja batik di sini adalah Anda bisa leluasa menelusuri koleksi batik dari masing-masing toko.

Koleksi batik yang ditawarkan juga lengkap, mulai dari batik lukis dan cap hingga beragam batik cap dengan warna cerah yang mencolok. Selain kain batik, Kampung Batik Ngasem juga menawarkan produk batik seperti model baju batik, gaun batik, rok batik, selimut, sprei dan sarung bantal yang terbuat dari kain batik. Untuk harga, tempat ini menawarkan batik dengan berbagai harga.

Jl. Polowijan No. 11, Patehan, Kraton

Baca juga: Rekomendasi 7 Masakan Jogja yang Lezat dan Terjangkau. Dijamin ketagihan!

7. Tampilan Batik

Sentra batik selanjutnya adalah pajangan batik. Toko batik di Yogyakarta di kabupaten Bantul ini menjual batik asli yang terbuat dari batik cap atau tulisan tangan. Menariknya, pengunjung tempat ini bisa melihat secara langsung proses pembuatan Yogyakartik itu sendiri.

Anda tidak hanya bisa melihat proses pembuatannya, tapi juga belajar membatik. Sayangnya, Anda tidak bisa membawa pulang batik, karena biasanya mereka hanya membuat batik dari kain yang sama dengan yang dikerjakan oleh pengrajin.

Selain kain batik asli, ada juga baju batik yang bisa Anda temukan di Batik Display. Anda bisa membeli blouse, kemeja, scarf atau dress batik di sini. Sebagian besar produk batik yang dijual di sini adalah batik cap, dan mengingat batik tulis, harganya tidak terlalu murah.

Harga batik di sini cukup mahal karena daya tahan batik tulis atau cap. Namun, mahalnya harga batik sudah pasti sebanding dengan kualitas kainnya.

Jl. tampilan, setengah alat

8. Desa Wisata Crebet

Anda sedang mencari produk batik yang unik? Datanglah ke Desa Wisata Crevet. Pada umumnya jika membatik dari kain, berbeda dengan kota yang satu ini yang justru menjual batik unik berbahan kayu.

Ya, terletak di dekat destinasi wisata Gua Selalong, kota ini memang sudah lama dikenal sebagai sentra batik kayu. Pemasarannya juga telah mencapai pasar internasional.

Di sini, Anda bisa melihat bagaimana batik kayu dibuat, mulai dari gelang, bingkai foto, gantungan tisu toilet, boneka kayu, topeng kayu, kursi, bahkan lemari bermotif batik. Untuk harga, batik kayu yang biasa dijual di sini harganya bervariasi tergantung tingkat kesulitan pengerjaannya.

Desa Sendangsari, Kabupaten Bantuul Paangan

9. Batik Rumah

Toko batik yang juga menjadi langganan wisatawan adalah Batik Luma. Sejak awal, Batik Rumah dikenal dengan kreasi batiknya yang unik dan beragam. Pilihan produk batiknya juga lengkap, ada model baju batik, batik modern, baju batik, rok batik, kemeja batik, dan lainnya.

Ada juga berbagai motif batik yang ditawarkan. Padahal, kain batik buatan Batikruma dikenal tahan lama dan nyaman dipakai.

Jl. Suriwijayan No. 427, Gedongkiwo, Mantrijeron

10. Kampung Batik Girilloyo

Bagi mereka yang mencari pengalaman berbelanja batik yang berbeda, Kampung Batik Giriloyo adalah tempatnya. Kota ini merupakan salah satu sentra perajin batik paling terkenal di Yogyakarta.

Tidak hanya menawarkan produk batik yang sangat baik, ini adalah tempat bagi siapa saja yang ingin mencoba batik. Ada kursus batik singkat yang bisa Anda dengarkan selama 2 jam. Dalam kursus ini, Anda akan mempelajari teknik dasar membuat batik.

Ya, batik memang menjadi daya tarik tersendiri di Kampung Batik Giriloyo. Jika Anda tertarik untuk membeli batik tulis di sini, bersiaplah dengan uang lebih, karena batik tulis di sini dibandrol mulai dari ratusan ribu rupiah hingga jutaan rupiah. Ada harga dan ada barangnya kan?

Jl. Tim Imogiri. Km. 14, Karang Kulon, Wukirsari, Imogiri, Bantul

11. Batik Seno

Batik Seno adalah galeri lukisan batik terbesar di Jogja. Didirikan lebih dari 30 tahun yang lalu, Batik Seno masih eksis di kalangan pecinta batik. Tidak hanya menghadirkan koleksi batik premium, tetapi juga menawarkan proses pembuatan batik. Semua pengunjung yang tertarik dengan kelas akan dipandu langsung oleh ahlinya. Anda dapat membuat gambar sendiri dan juga batik. Apakah itu menyenangkan?

JL Mantrigeron, MJ. III/800, Jl. Mantrigeron, Mantrigeron

12. Batik Lianti

Rianti Batik adalah brand lokal di Yogyakarta. Merek ini juga berkembang sangat baik di luar negeri. Ada beberapa negara tempat toko Batik Rianti berada, antara lain Kanada dan Australia. Di dalam negeri, Rianti Batik bekerja sama dengan ribuan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) Batik di berbagai wilayah. Daerah-daerah tersebut antara lain Yogyakarta, Solo, Pekalongan dan Cirebon.

Di Yogyakarta, Rianti Batik berada di Jl. Malioboro No.79 Sosromenduran Gedong Tengen Kota Yogyakarta. Toko batik ini buka mulai pukul 09.00 hingga 22.00 WIB. Di sana Anda akan menemukan koleksi lengkap mulai dari kain batik hingga pakaian dewasa dan anak-anak. Selain itu, ada berbagai model dari model formal hingga model busana kasual.

Jl. Malioboro No. 79 Gedung Sosromenduran Kanan Kota Yogyakarta.

13. Batik Surga

Dimulai pada tahun 1983, Paradise Batik telah menjadi harta karun dan ikon batik berkualitas tinggi di Yogyakarta. Perpaduan warna menarik motif batik tradisional dengan motif etnik modern menjadikan produk batik Paradise indah dan berkesan tanpa kehilangan karakter batik.

Dengan motif dan model yang selalu mengikuti tren terkini, serta pilihan bahan terbaik, produk batik Paradise Batik dapat bertahan dan terus berkembang hingga saat ini. Bahkan, sejauh ini Paradise Batik memiliki cabang di berbagai kota, yaitu Semarang dan Surabaya. Paradise Batik juga memiliki toko online yang bisa diakses melalui gadget.

Paradise Batik berpartisipasi dalam berbagai fashion show dalam dan luar negeri seperti Yogyakarta Fashion Week, Indonesia Fashion Week, dan Hong Kong Fashion Week. Paradise Batik adalah Jl. Karanglo No.7 Purbayan, Kota Gede, Kota Yogyakarta. Toko ini buka mulai pukul 08.00 hingga 19.30 WIB.

Jl. Karanglo No.7 Purbayan, Kotagede, Yogyakarta

Jadi, sudah menentukan tempat belanja batik?