4 Tips Diet Sehat Dan Lezat Dengan Gizi Seimbang

Laporan wartawan Aisyah Nursyamsi

, Jakarta – Tidak sedikit orang yang melakukan diet untuk menurunkan berat badan dan membentuk tubuh ideal.

Namun dalam praktiknya, program diet seringkali gagal atau terhenti karena alasan tersebut.

Alasan kuat untuk diet secara teratur sangat dibutuhkan. Di sisi lain, masyarakat kita tahu bahwa mengatur pola makan Anda bisa sangat sulit ketika Anda sibuk dan memiliki jadwal yang ketat.

Masalah utama yang dihadapi generasi usia produktif saat ini dalam menjaga pola makan adalah tidak punya waktu untuk makan siang. Hindari makan malam juga.

Kebutuhan kalori harian Anda dipengaruhi oleh tinggi badan, berat badan, usia, dan aktivitas fisik Anda. Rata-rata pria membutuhkan sekitar 2.500 kalori (10.500 kilojoule) per hari.

Rata-rata wanita membutuhkan sekitar 2.000 kalori (8.400 kilojoule) per hari.

Sebenarnya, Alodokter dan Yellow Fit Kitchen punya tips sederhana tentang cara makan yang sehat dan tetap sehat.

Pertama, jangan lewatkan sarapan. Padatnya aktivitas yang dilakukan membuat masyarakat kita melewatkan sarapan. Padahal, sarapan merupakan sumber energi untuk melakukan aktivitas.

Bahkan manfaat sarapan dapat membantu mengekang nafsu makan di siang hari sehingga Anda tidak makan berlebihan dengan sekali makan siang.

Kedua, perbanyak minum air putih. Diet sehat tidak lengkap tanpa air. Asupan air yang cukup menjaga kelancaran fungsi tubuh dan melindunginya dari dehidrasi.

Saat mengalami dehidrasi, tubuh cenderung mengirimkan sinyal lapar palsu. Hal ini membuat orang sering makan banyak dan tanpa sadar membuat makannya tidak teratur.

Ketiga, makan secara teratur dan tepat waktu. Kunci dari pola makan yang sehat adalah dengan menerapkan pedoman gizi seimbang. Ini berarti makan makanan yang kaya karbohidrat dan lauk pauk yang kaya lemak dan protein dalam jumlah sedang.

Selalu perhatikan jenis makanan, jumlah dan waktu makan, serta keamanan kebersihan makanan. Pilih karbohidrat kompleks, protein dan lemak sehat yang dibutuhkan tubuh Anda.

Jangan lupa konsumsi serat dan vitamin dari sayuran dan buah-buahan, yang penting untuk melancarkan pencernaan dan mendukung sistem kekebalan tubuh.

Keempat, jangan makan berlebihan dan makan makanan yang sehat, namun jumlahnya harus seimbang. Makan secukupnya dan berhenti ketika Anda sudah 80% kenyang.

Makan berlebihan dapat berdampak negatif pada berat badan serta mengganggu pencernaan, menjadikannya program diet sehat untuk mengelola kalori dalam satu porsi.

Untuk mendukung program penurunan berat badan, Alodokter dan Yellow Fit Kitchen memberikan solusi kepada masyarakat.

Ini semua tentang mempertahankan diet bergizi dan rasa lezat untuk menjaga kebugaran Anda tetap optimal meskipun jadwal sibuk Anda. Alodokter dan Yellow Fit Kitchen meyakini pentingnya memotivasi masyarakat, terutama yang berusia produktif.

“Di era digital ini, teknologi dan media sosial berperan penting dalam mendukung gaya hidup sehat dan aktif. Pada dasarnya mencegah lebih baik daripada mengobati,” kata Co-Founder dan President and Director Alodokter Suci Arumsari dalam keterangan resmi, Senin (25/7/2022).

Semua program didukung oleh penelitian yang kuat untuk memahami sepenuhnya kebutuhan kesadaran sosial saat ini. Strategi ini termasuk menjaga pola makan sehat yang diperlukan untuk memenuhi asupan nutrisi harian Anda.

Jadi Anda mencapai kesehatan yang optimal dengan mengikuti gaya hidup aktif. Tujuannya agar masyarakat bisa hidup sehat, mudah, enak, terjangkau, dan menyenangkan.

Alodokter menyediakan semua konten kesehatan yang berkaitan dengan gaya hidup sehat dan nutrisi sehari-hari, dan untuk pengguna Alodokter, ada program khusus di Yellow Fit Kitchen.

Yellow Fit Kitchen sendiri memiliki tiga kategori produk untuk mendukung pola makan yang sehat dan membuat Anda tetap fit secara fisik. Yaitu, Healthy Catering, Mooles minuman berserat tinggi (fiber drinks).

Akhirnya, Kebugaran Kuning. Pengguna Yellow Fit Kitchen mendapatkan diskon hingga 50% untuk konsultasi dokter melalui Alodokter yang berlangsung hingga 31 Agustus 2022. (*)