Apa Pengaruh Kondisi Alam Myanmar Terhadap Kegiatan Ekonomi Penduduknya

Apa Pengaruh Kondisi Alam Myanmar Terhadap Kegiatan Ekonomi Penduduknya – Dampak kondisi geografis terhadap perekonomian Laos terletak pada kenyataan bahwa Laos terletak di tengah-tengah negara-negara seperti Kamboja, Thailand, Vietnam dan Myanmar, dan merupakan jalur yang nyaman untuk menghubungkan perdagangan dan telekomunikasi. Selain itu, dari segi bentang alam, terdapat banyak dataran tinggi atau pegunungan, banyak sungai dan dataran tinggi, serta kegiatan pertanian telah menjadi sumber pendapatan yang dapat diandalkan bagi masyarakat Laos.

Kakak dan adik yang cantik dan cantik, halo semuanya, aku dan adikku yang cantik kembali lagi. kamu tidak apa apa Tuhan memberkati, tetap sehat. Kali ini A1m akan mencoba membantu menjawab pertanyaan tersebut, baiklah mari kita simak.

Apa Pengaruh Kondisi Alam Myanmar Terhadap Kegiatan Ekonomi Penduduknya

Apa Pengaruh Kondisi Alam Myanmar Terhadap Kegiatan Ekonomi Penduduknya

Tahukah Anda, bangsa Laos adalah sebuah negara dengan republik berdaulat yang terletak di tengah Asia Tenggara di antara Thailand, Vietnam, Kamboja, dan Myanmar. Letak negara yang berada di dalamnya menjadikan Laos sebagai negara penghubung jalur komunikasi dan perdagangan antar negara di sekitarnya. Berikut ini adalah fakta geografis yang mempengaruhi perekonomian Laos, antara lain:

Aktivitas Kelompok: Kondisi Ekonomi Peta Perkotaan Di Asia Kunci Jawaban Ips Kelas 9 Smp Halaman 81

• Karena 70% wilayah Laos terdiri dari dataran tinggi, dataran tinggi pegunungan dan sungai, sangat cocok untuk lahan pertanian.

• Dalam hal ini, pertanian merupakan sumber utama perekonomian Laos, dan tanaman utama yang ditanam adalah padi yang ditanam sepanjang tahun. Namun selain beras yang dihasilkan dari tanah tersebut, juga dapat digunakan untuk menghasilkan tembakau dan jagung.

• Daerah lembah di antara bukit dan sungai digunakan untuk menanam padi di lahan basah dan membuka ladang di tanah yang dekat dengan perbukitan. Biasanya pohon buah-buahan seperti pohon kelapa, pohon pisang, dan pepaya ditanam di ladang.

• Selain itu, penangkapan ikan juga dapat dilakukan dalam jumlah banyak, mengingat banyaknya sungai di Laos juga dapat dimanfaatkan untuk pengairan lahan pertanian.

Buku Siswa Kelas 8 Ips

Pertanyaan baru dalam penelitian sosial Tolong bantu… Jelaskan salah satu bentuk pengembangan ekonomi kreatif di negara Indonesia dan jelaskan 5 potensi di bidang ekonomi kreatif Tolong bantu jawab pertanyaan besok HEHA SKY VIEW adalah negara dan bertindak di kawasan Asia Tenggara. Bagian dari Perhimpunan Bangsa Bangsa Asia Tenggara (ASEAN), kondisi alamnya berbeda. Bagaimana perbedaan kondisi alam negara-negara ASEAN?

Perlu diketahui bahwa letak geografis merupakan salah satu poin utama yang menjadi latar belakang berdirinya ASEAN. Selain kedekatan geografis dalam satu kawasan, negara-negara ASEAN juga cenderung memiliki kondisi alam yang serupa.

Namun terlepas dari itu, ada beberapa isu yang melatarbelakangi pembentukan ASEAN, seperti dikutip dari buku Understanding ASEAN and Its Countries karya Tri Prasetyono (2019), yaitu:

Apa Pengaruh Kondisi Alam Myanmar Terhadap Kegiatan Ekonomi Penduduknya

Saat ini 10 negara di Asia Tenggara telah bergabung dengan ASEAN. Negara-negara ini memiliki kondisi alam yang sangat berbeda.

Kehidupan Ekonomi Negara Asean Worksheet

Indonesia merupakan negara terluas di Asia Tenggara, terbentang dari Aceh hingga Papua, dengan luas wilayah 1,905 miliar kilometer persegi.

Dibandingkan dengan wilayah ini, Indonesia memiliki keadaan alam yang penuh dengan iklim tropis dengan curah hujan yang relatif tinggi dibandingkan dengan negara lain di Asia Tenggara.

Hal ini membuat Indonesia juga dikenal dengan hutannya yang sangat luas, mulai dari hutan hujan tropis hingga savana atau padang rumput.

Tanah Melayu memiliki iklim tropis dengan curah hujan yang relatif tinggi. Selain itu, Malaysia memiliki kawasan hutan tropis yang lebat dan beberapa gunung tinggi, yang tertinggi adalah Gunung Kinabalu (4.095,2 m) di Kota Sabah.

Pdf) Pengaruh Pemberlakuan Masyarakat Ekonomi Asean (mea) Terhadap Kesempatan Kerja Pada Sektor Transportasi Laut Di Indonesia

Negara industri paling maju di Asia Tenggara, dengan luas 728,6 kilometer persegi, merupakan pusat pelabuhan di benua Asia.

Singapura juga merupakan negara penghubung Samudera Hindia dan Laut China Selatan. Selain itu, Singapura didominasi oleh dataran rendah dan beberapa bukit kecil di sekitar pusat kota.

Filipina adalah negara dengan 7.641 pulau dan luas 300.000 kilometer persegi. Keadaan alam Filipina berbatasan langsung dengan Laut Sulawesi dan memiliki tiga kelompok regional utama yaitu Luzon, Bisaya dan Mindanao.

Apa Pengaruh Kondisi Alam Myanmar Terhadap Kegiatan Ekonomi Penduduknya

Sebaliknya, negara yang dipimpin oleh Feng Marcos ini beriklim tropis dengan empat musim yang berbeda. Ada musim hujan, musim dingin, musim panas atau kemarau.

Modul Bahan Ajar 2: Bentang Alam Dan Poster

Dikenal dengan julukan Negeri Gajah Putih, negara ini meliputi area seluas 514.000 kilometer persegi di Asia Tenggara bagian tengah.

Keadaan alam negara Thailand terdiri dari dataran tinggi pegunungan, dataran tengah dan dataran tinggi. Thailand memiliki iklim tropis dan sangat dipengaruhi oleh musim hujan.

Negara yang berbatasan dengan Indonesia ini memiliki luas daratan 5.765 kilometer persegi yang banyak di antaranya berupa rawa, mangrove, dan perbukitan.

Mirip dengan negara ASEAN lainnya, Brunei memiliki iklim tropis dengan curah hujan tahunan sekitar 2000 mm.

Kemiskinan Dan Ketimpangan

Keadaan alami Vietnam penuh dengan dataran rendah dan beberapa pegunungan. Salah satunya Gunung Annam yang puncaknya mencapai 1.800 meter. Vietnam juga memiliki dataran rendah yang dikenal sebagai Delta Mekong.

Laos adalah negara komunis dengan luas 236.800 kilometer persegi, bergunung-gunung dan berhutan lebat.

Gunung Phou di Laos, dipimpin oleh Thongloun Sisoulith, merupakan puncak tertinggi di negara tersebut. Laos terbagi menjadi tiga musim, yaitu musim hujan panas, musim sejuk, dan musim kemarau (peralihan).

Apa Pengaruh Kondisi Alam Myanmar Terhadap Kegiatan Ekonomi Penduduknya

Dengan luas daratan 676.578 kilometer persegi, Myanmar berbatasan dengan India dan Bangladesh di sebelah barat serta Thailand dan Laos di sebelah timur.

Potensi Sumber Daya Alam Negara Negara Asean

Kondisi alam Myanmar terbagi menjadi dua yaitu iklim tropis di selatan Myanmar dan iklim subtropis di utara Myanmar.

Terakhir, Kamboja yang luasnya hanya 181.035 kilometer persegi berbatasan langsung dengan Laos di utara, Vietnam di timur, dan Teluk Thailand di selatan. Kemudian, monarki memiliki iklim tropis dengan suhu rata-rata sekitar 22 °C.

Pengaruh inflasi terhadap pertumbuhan ekonomi, pengaruh inflasi terhadap pembangunan ekonomi, pengaruh lokasi terhadap kegiatan ekonomi, pengaruh keunggulan tanah terhadap kegiatan ekonomi, pengaruh ekonomi terhadap pendidikan, pengaruh keunggulan iklim terhadap kegiatan ekonomi, pengaruh keunggulan geostrategis terhadap kegiatan ekonomi, pengaruh pertumbuhan ekonomi terhadap pengangguran, pengaruh ekonomi terhadap bisnis, pengaruh pajak terhadap pertumbuhan ekonomi, pengaruh keunggulan lokasi terhadap kegiatan ekonomi, pengaruh investasi terhadap pertumbuhan ekonomi

close