Berita  

Bagaimana Cara Menghemat Bahan Bakar (dengan Gambar)

Ada banyak cara untuk membayar bahan bakar, tetapi cara yang paling efektif adalah dengan mengurangi konsumsi bensin Anda. Ketika Anda perlu menggunakan mobil untuk mencapai tujuan Anda, ada trik yang dapat membantu Anda mengurangi konsumsi bensin.

Perubahan cara Anda mengemudi

Cara Menghemat Bahan Bakar (dengan Gambar)

Patuhi batas kecepatan. Ini adalah solusi termudah dan paling efektif untuk meningkatkan efisiensi bensin. Kecepatan paling hemat bahan bakar adalah saat kendaraan berada di ketinggian. Untuk sebagian besar kendaraan, kecepatan ini adalah 80 km/jam.

Bahkan, dapat diasumsikan bahwa pada kecepatan di atas 80 km/jam, untuk setiap kenaikan 8 km/jam, biaya bahan bakar meningkat sebesar Rp3.500 per liter. Saat kecepatan kendaraan meningkat, efisiensi bahan bakar menurun tajam.

Selain itu, pengaturan waktu lampu lalu lintas di jalan biasanya diatur sesuai dengan batas kecepatan. Oleh karena itu, bahkan jika Anda mengemudi dengan cepat, Anda harus berhenti di lampu lalu lintas berikutnya, sehingga menghabiskan bensin kendaraan Anda.

Cara Menghemat Bahan Bakar (dengan Gambar)

Anda harus sering-sering mengerem agar tidak menempel pada kendaraan di depan (pintu belakang ). Anda bisa menghemat bahan bakar dengan tidak menempelkan mobil di depan. Dalam hal ini, Anda akan menginjak banyak gas untuk mendapatkan kembali kecepatan yang hilang pada rem, dan kemudian Anda harus mengerem secara paksa untuk memperbaiki jarak ke mobil di depan, yang menyebabkan ” lingkaran kematian. ” untuk memberi. Mengebut secara berulang-ulang seperti ini menghabiskan lebih banyak bensin daripada mengemudi dengan kecepatan konstan dan menjaga jarak aman dari kendaraan di depan.

Pengereman berulang membuang energi dan berubah menjadi panas yang tidak perlu, yang secara signifikan dapat mempersingkat masa pakai pengereman. Di masa depan, sebagian besar mobil mungkin sudah dilengkapi dengan sistem yang mengubah daya pengereman menjadi energi yang dapat digunakan, tetapi saat ini sistem seperti itu hanya ada di mobil hybrid .

Cara Menghemat Bahan Bakar (dengan Gambar)

Tingkatkan kecepatan Anda secara perlahan. Setiap pengisian bahan bakar cepat setelah berhenti membuang bahan bakar dan meningkatkan keausan ban. Tingkatkan kecepatan secara perlahan sehingga mobil hanya menggunakan jumlah bahan bakar yang dibutuhkan untuk mencapai kecepatan.

Sederhananya, Anda harus menggunakan pedal gas dan rem sesedikit mungkin. Ingatlah hal ini saat mengemudi untuk meminimalkan konsumsi bahan bakar.

Cara Menghemat Bahan Bakar (dengan Gambar)

Berkendara dengan lancar dan pertahankan satu jalur. Mengurangi kecepatan meningkatkan konsumsi bahan bakar dan meningkat lagi saat berpindah jalur. Amankan kaki Anda pada pedal akselerator untuk meminimalkan aliran bahan bakar ke mesin. Saat kendaraan melambat, perlambat dan percepat di jalan menurun untuk meningkatkan penghematan bahan bakar.

Anda tidak harus sering berpindah jalur. Alasannya sama. Terus menambah atau mengurangi kecepatan kendaraan saat berpindah jalur. Berkendara dengan santai dan tetap di jalur Anda.

Cara Menghemat Bahan Bakar (dengan Gambar)

Jangan berbelok di lampu merah. Jika rute Anda memungkinkan, ambil belokan kanan sesedikit mungkin dalam perjalanan ke tujuan Anda (atau ke kiri di negara yang menggunakan tangan kanan). Jika Anda berhenti di persimpangan dan menunggu untuk berbelok, mesin membuang bahan bakar, dan ketika mulai berputar, ia melaju lagi.

Cara Menghemat Bahan Bakar (dengan Gambar)

Manfaatkan fungsi overdrive dan cruise control di jalan raya. Cara lain untuk mencegah kaki Anda menginjak rem adalah dengan menggunakan overdrive dan cruise control di jalan raya. Overdrive membantu menjaga kecepatan engine tetap rendah, memperpanjang umur engine.

Cruise control menjaga kendaraan tetap bergerak dengan kecepatan konstan agar tidak menginjak pedal gas terlalu keras atau terlalu enteng. Namun, fitur ini hanya berguna di jalan lurus, mulus, dan kurang berguna di kota-kota di mana Anda masih harus banyak berhenti dan mendapatkan banyak kecepatan.

Cara Menghemat Bahan Bakar (dengan Gambar)

Gunakan gigi Anda dengan bijak. Anda sebenarnya membuang lebih banyak bahan bakar di kendaraan Anda jika Anda menggunakan gigi yang lebih tinggi pada kecepatan yang lebih rendah dan sebaliknya. Ganti gigi dengan hati-hati sesuai dengan kecepatan yang Anda inginkan. Ini memastikan bahwa mesin tidak kelebihan beban.

mengubah kebiasaan

Cara Menghemat Bahan Bakar (dengan Gambar)

Mengendarai mobil sampai tangki hampir kosong. Ini jelas jelas. Mobil yang lebih ringan menggunakan lebih sedikit bahan bakar. Tidak mengisi tangki bahan bakar dapat mengurangi bobot mobil Anda. Jadi begitu bahan bakar mencapai tangki, Anda harus menunggu 1-2 hari lagi. 1/3 terakhir bahan bakar ini bisa bertahan lebih lama dari 1/3 pertama.

Di AS, harga minyak naik selama akhir pekan setelah Kamis sore. Jadi, jika menurut Anda mobil Anda membutuhkan bahan bakar pada hari Sabtu, yang terbaik adalah mengisi bahan bakar sekarang. Anda dapat memantau harga bahan bakar atau mencari penawaran untuk mengevaluasi apakah sebaiknya isi ulang sekarang.

Cara Menghemat Bahan Bakar (dengan Gambar)

Hindari berhenti lama saat mesin hidup. Jika kendaraan yang bergerak tidak dalam keadaan diam selama lebih dari satu menit, yang terbaik adalah mematikan mesin untuk menghemat bahan bakar. Juga, mobil baru tidak perlu “pemanasan” di musim dingin. Beberapa detik sudah cukup.

Jika Anda sedang menunggu seseorang, matikan mesin mobil. Saya akan merekomendasikan memesan makanan dari restoran daripada menggunakan layanan drive-thru . Radio mobil dapat dihidupkan tanpa menghidupkan mesin!

Cara Menghemat Bahan Bakar (dengan Gambar)

Setelah kendaraan selesai mengisi bahan bakar, balikkan nosel selang bahan bakar. Metode ini hanya berlaku di tempat-tempat di mana layanan pengisian bahan bakar mandiri disediakan. Nosel bahan bakar terhubung ke selang umum. Bahkan jika selang dibalik, bahan bakar tetap berada di dalam selang. Untuk mendapatkan sisa setengah cangkir bahan bakar gratis, balikkan nosel dan kocok sedikit sebelum mengeluarkannya dari tangki.

Angkat selang secara perlahan sehingga gravitasi meninggalkan bahan bakar di bagian bawah selang. Kemudian diangkat untuk dilepas dan dituangkan ke dalam tangki kendaraan.

Cara Menghemat Bahan Bakar (dengan Gambar)

Saat berkendara dengan kecepatan tinggi, jangan buka jendela dan nyalakan AC saja. Cara terbaik untuk mendinginkan mobil Anda di jalan raya tergantung pada mobil Anda. Membuka jendela menciptakan hambatan udara, dan menggunakan AC membuat mesin bekerja lebih keras. Namun, tidak apa-apa untuk membuka jendela saat mengemudi di kota.

Cara Menghemat Bahan Bakar (dengan Gambar)

Parkirkan mobil Anda di tempat teduh. Semakin rendah suhu mobil, semakin sedikit bensin yang menguap dari tangki. Ini seperti menawarkan uang ke surga.

Apakah saya menyebutkan bahwa jari-jari Anda tidak terlalu panas? Parkir di tempat teduh lebih baik untuk Anda dan kendaraan Anda. Sulit dikendarai saat setir berasap di cuaca panas!

Cara Menghemat Bahan Bakar (dengan Gambar)

Hindari kemacetan lalu lintas dan cuaca buruk. Menghemat bahan bakar sulit dilakukan selama masa sibuk, lalu lintas padat, atau dalam hujan, angin, atau tekanan tinggi. Hujan, angin kencang, dan tekanan udara yang tinggi menciptakan hambatan, yang menyebabkan mobil mengkonsumsi lebih banyak bahan bakar untuk dikendarai.

Namun angin setrum (angin penarik yang dikenal sebagai angin di belakangnya) akan membantu . Cobalah untuk mengetahui arah angin.

Anda sudah tahu bahwa macet buruk untuk penghematan bahan bakar. Anda akan berhenti dan kembali dan berhenti, berpindah jalur, dan mungkin melakukan segala macam hal yang menghabiskan bahan bakar.

Cara Menghemat Bahan Bakar (dengan Gambar)

Matikan semua elektronik dan AC sebelum mematikan mesin. Bahkan, ketika mesin mobil mati, semua perangkat lain juga mati. Tapi bagaimana saat menghidupkan mesin? Mematikan semua perangkat sebelum mematikan mesin memastikan tidak ada bahan bakar yang terbuang untuk menjalankan semua perangkat yang dihidupkan saat mesin dihidupkan nanti. Semuanya bisa diseret satu per satu, sehingga beban di mobil pun lebih ringan.

Cara Menghemat Bahan Bakar (dengan Gambar)

Kurangi mengemudi yang tidak perlu dan rencanakan perjalanan Anda dengan hati-hati. Untuk lebih banyak waktu luang, selesaikan rapat dan kebutuhan Anda dalam satu perjalanan. Sebaiknya rencanakan waktu perjalanan Anda untuk menghindari kemacetan lalu lintas dan membayar biaya bahan bakar yang mahal.

Misalnya, membeli kebutuhan dalam jumlah besar (termasuk makanan hewan peliharaan, perlengkapan mandi, makanan kering, makanan kaleng, dll.) menghilangkan kebutuhan untuk membeli bolak-balik.

memo picassy ponsel

Cara Menghemat Bahan Bakar (dengan Gambar)

Meringankan berat mobil. Singkirkan benda-benda yang tidak perlu dari mobil atau truk Anda, seperti tongkat golf atau peralatan yang tidak Anda perlukan. Menurunkan truk pickup dapat menghemat bahan bakar dengan mengurangi hambatan aerodinamis. Jika kendaraan terlalu tinggi, arus angin akan berputar di bak, menyebabkan hambatan udara.

Namun, jika Anda memiliki sesuatu yang harus Anda bawa, letakkan di bagasi, bukan di rak di atas mobil. Hambatan udara meningkat ketika ada benda di atas mobil yang membuatnya lebih lambat dan lebih sulit untuk menambah kecepatan.

Cara Menghemat Bahan Bakar (dengan Gambar)

Ganti filter udara. Filter udara kotor mengurangi tenaga dan efisiensi mesin. Saat filter bersih, konsumsi bahan bakar kendaraan lebih hemat. Jadi, jangan malas untuk mengganti filter yang kotor. Proses ini hanya memakan waktu beberapa menit dan Anda bahkan dapat melakukannya sendiri.

Biaya penggantian filter udara kendaraan cukup terjangkau, biasanya berkisar Rp 300.000-400.000.

Cara Menghemat Bahan Bakar (dengan Gambar)

Pastikan udara ban berada pada tekanan yang tepat. Mengisi ban dengan benar akan meningkatkan jarak tempuh tangki bahan bakar. Selalu memiliki pengukur tekanan ban di kendaraan Anda dan menggunakannya untuk memeriksa tekanan ban. Ban secara alami kehilangan tekanan, jadi jangan heran jika tekanannya lebih rendah dari sebelumnya.

Jika suhu luar sering berubah, periksa tekanan barometrik lebih sering. Ban yang panas memiliki lebih banyak tekanan udara karena inflasi, tetapi ketika sebagian udara dikeluarkan ke tekanan yang tepat, tekanan menjadi terlalu rendah saat ban mendingin. Karena itu, ketika suhu turun, itu harus diisi ulang. Ban dengan tekanan rendah atau rendah memiliki rolling resistance yang lebih besar, pengurangan jarak tempuh (km per liter) dan keausan ban yang dipercepat karena gesekan.

Jika Anda membutuhkan ban baru, pilihlah yang tipe radial. Ban ini memiliki rolling resistance yang rendah untuk menjaga aerodinamis mobil.

Cara Menghemat Bahan Bakar (dengan Gambar)

Untuk mengoptimalkan efisiensi bahan bakar, sesuaikan kendaraan Anda secara teratur pada interval yang direkomendasikan oleh pabrikan . Ganti busi dan kabel sesuai jadwal, dan jika efisiensi menurun, ganti koil (misalnya korsleting internal). Semakin baik mesin, semakin besar tenaga yang dihasilkan dengan bahan bakar yang lebih sedikit.

Cara Menghemat Bahan Bakar (dengan Gambar)

Kurangi konsumsi bahan bakar dengan menggunakan oli sintetis. Sebagai bonus, mengurangi jumlah penggantian oli tidak hanya menghemat waktu dan uang, tetapi juga membantu lingkungan dengan mengurangi kunjungan ke bengkel dan menggunakan lebih sedikit oli.

Saat menyetel kendaraan Anda, tanyakan kepada mekanik Anda oli apa yang harus Anda gunakan di kendaraan Anda untuk menghemat bahan bakar. Dia bisa membuat 1-2 penawaran.

Cara Menghemat Bahan Bakar (dengan Gambar)

Gunakan ban stok . Pikirkan kembali ban Anda sebelum berganti ke model yang lebih modern. Semakin lebar ban, semakin tinggi rolling resistance dan semakin tinggi konsumsi bahan bakar.