Bisakah Penyakit Hemofilia Disembuhkan?

Reporter Aisha Nursiamsi

Jakarta – Penyakit hemofilia menjadi perhatian terbesar. Ini karena sulitnya pembekuan darah.

Dan ada risiko pendarahan atau kehilangan banyak darah, bahkan dengan prosedur sederhana seperti kedokteran gigi atau sunat. Apalagi jika Anda pernah menjalani operasi.

Apakah penderita hemofilia bisa disembuhkan?

Menurut dr Novi Amelia Chozi Sp A(K), dokter anak dan anggota Himpunan Hemofilia Indonesia (HMHI), saat ini belum ada cara untuk menghilangkan hemofilia.

Karena hemofilia adalah masalah dengan gen yang disebut kromosom X, jika kromosom rusak, tidak ada cara untuk mengembalikannya ke keadaan semula.

“Hingga saat ini orang mencoba melakukan terapi gen. Masih dalam pengembangan dan masih menunggu sebagai layanan rutin,” ujarnya dalam webinar, Selasa (26/4/2022).

Kendala lain untuk mengobati hemofilia adalah biayanya yang sangat mahal. Di sisi lain, ada cara agar Anda benar-benar dapat menangkapnya lebih awal.

kata dr Novi lagi. “Begitulah cara ditemukannya di dalam rahim. Ini bisa berupa tes cairan ketuban atau biopsi plasenta sekitar usia kehamilan 8-12 minggu.”

Namun, ini berbahaya bagi kehamilan dan Anda harus mencari bantuan profesional. Pertama, perlu diketahui genotipe untuk mendiagnosis DNA pasien hemofilia dalam keluarga.