Diggia Dimulai Dari Lokasi Yang Strategis. Akankah Gresini Racing Mengejutkan Di MotoGP Catalunya 2022?

Diggia start dari lokasi strategis, Ducati besutan Bastianini melaju kencang dan Gresini Racing mengejutkan di MotoGP Catalunya.

– Rookie kelas motor, Fabio Di Giantoniho, kembali membuat kejutan dengan posisinya yang strategis, kali ini di posisi ke-5 di MotoGP Catalunya 2022.

Hasil pebalap MotoGP Gresini Racing yang disponsori Federal Oil itu diukur setelah memasuki kuarter kedua dan mampu mencatat waktu 1:39.099 detik pada Sabtu (4/6).

Pembalap yang akrab disapa Diggia ini hanya terpaut 0,357 detik di belakang peringkat 1 Alex Espargaro.

Kedewasaan Diggia yang menempati posisi pertama dan juara pertama pada Kejuaraan MotoGP di Italia pekan lalu, memberinya dukungan penuh atas peluncuran Ducati Desmosedici GP21.

Sangat disayangkan rekan setimnya di Kejuaraan Dunia MotoGP 2022 Ina Bastianini terhuyung-huyung di kuarter pertama dan harus bersiap start di posisi ke-14.

Bastianini berusaha membuatnya bangga agar bisa melaju ke kuarter pertama, namun kontestan lain lebih cepat.

“Melihat hasilnya, kami tidak perlu menunjukkan kepada siapa pun. Yang terpenting adalah memeriksa pertumbuhan kami dan melihat cara yang lebih baik untuk mendapatkan kualifikasi lain seperti ini kali ini,” kata Digga.

Dia berkata: “Semuanya berjalan dengan baik dan beberapa perubahan motor dilakukan untuk mendapatkan hasil yang baik. Tapi kami masih perlu sedikit mempercepat motor, terutama nanti di balapan. Itu akan memberikan kepastian.”

Hasil kurang kompetitif Bastianini mengecewakan calon Juara Dunia MotoGP 2022 itu.

Sebab diyakini pembalap bernomor 23 ini bahwa perubahan di motor sudah sangat signifikan, namun terjegal di sisa waktu kualifikasi banyak pembalap menghasilkan motor.

“Sangat pada putaran akhir kualifikasi banyak pembalap di depan jelang tikungan tiga, sehingga tak bisa menyempurnakan catatan. Seharusnya bisa ikutan Q2 bila melihat potensinya, tapi tidak terwujud,” yakin Bastianini.

Pembalap Italia ini juga menyatakan bahwa Ducati Desmosedici GP21 memiliki laju yang bisa diandalkan untuk mengitari sirkuit Catalunya sepanjang 4.627 meter.

“Motornya kencang, balapan akan berjalan lama sehingga kita bisa berusaha memperbaiki posisi. Kita hanya perlu akselerasi start yang kuat dan menyerang di awal,” jelasnya.

Diggia dan Bastianini akan bekerja untuk mengharumkan nama Indonesia di MotoGP Catalunya 2022 yang dijadwalkan Minggu (5/6). Salah satunya adalah Federal Oil, karena sebagian besar pelanggan Gresini Racing adalah produk buatan negara.

Saat ini, di klasemen sementara MotoGP 2022, Bastianini berada di urutan ketiga dengan 28 poin dan 94 poin yang merupakan peringkat pertama klasemen.

Sedangkan Digia berada di peringkat 20 dengan total 8 poin. (*/)